Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bangun Kapal Induk, Korsel Juga akan Beli 20 Jet Tempur F35-B

Korea Selatan memperkuat armada militernya. Korea Selatan akan mulai membangun kapal induk pertamanya pada tahun depan.

Bangun Kapal Induk, Korsel Juga akan Beli 20 Jet Tempur F35-B
AFP
Ilustrasi: Kapal induk AS beserta kapal-kapal pengawalnya. 

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL - Korea Selatan memperkuat armada militernya. Korea Selatan akan mulai membangun kapal induk pertamanya pada tahun depan.

Tahun lalu, Korea Selatan mengisyaratkan minatnya pada sebuah kapal induk dengan menyatakn akan membangun kapal angkut besar multiguna.

Namun dalam rencana nasional untuk 2021-2025, yang diterbitkan minggu ini, pemerintah Korea Selatan untuk pertama kalinya secara eksplisit berkomitmen untuk membeli peralatan bernilai miliaran dolar.

Baca: Hadapi AS, China Siapkan Rudal Balistik Dong-Feng 26 untuk Hancurkan Kapal Induk

"Kapal induk seberat 30.000 ton dapat mengangkut pasukan militer, peralatan dan material serta dapat mengoperasikan jet tempur yang mampu lepas landas dan mendarat secara vertikal," demikian rilis Kementerian Pertahanan Korea Selatan seperti dikutip CNN.

Baca Juga: China: Pesawat mata-mata AS di Laut China Selatan ancam keselamatan penerbangan sipil

Ini akan memungkinkan militer Korea Selatan untuk lebih efektif menekan ancaman dan mengirim pasukan dan material ke wilayah yang disengketakan di laut dengan memainkan peran sebagai kapal pengontrol untuk unit angkatan laut.

Korea Selatan juga akan membeli 20 jet tempur F-35B buatan AS, yang memiliki kemampuan lepas landas pendek dan pendaratan vertikal, kompatibel dengan kapal induk kecil.

Negara itu akan bergabung dengan Jepang dan Amerika Serikat (AS) dalam mengerahkan F-35B di kapal induk ringan di Pasifik barat.

Baca: Konflik Laut China Selatan, AS Kirim Kapal Induk, China Kerahkan 4 Jet Tempur

Ketiga negara tersebut memiliki hubungan yang buruk dengan Korea Utara, yang melanjutkan uji coba rudal setelah pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, dan Presiden AS Donald Trump gagal mencapai kesepakatan nuklir.

Korea Selatan tidak memberikan perkiraan biaya untuk kapal induk ringan tersebut. Namun, pemerintah AS melaporkan harga versi baru kapal induk USS America yang 25% hingga 30% lebih besar dari kapal Korea Selatan, hampir US$ 4 miliar. Sementara Jet tempur F-35B masing-masing berharga sekitar US$ 122 juta.

Halaman
12
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kontan
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas