Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jepang Produksi Sepatu yang Dapat Mendeteksi Kualitas Keindahan Jalan Kaki, Harganya Rp 2,3 Jutaan

Sensor mengumpulkan data berjalan pengguna dan menghitung kecepatan berjalan, langkah, dan ketinggian kaki oleh teknologi unik NEC.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Jepang Produksi Sepatu yang Dapat Mendeteksi Kualitas Keindahan Jalan Kaki, Harganya Rp 2,3 Jutaan
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Aplikasi sepatu yang dibuat NEC dan FiNC Technologies (kiri) mengecek jalan yang indah atau tidak serta chip yang dimasukkan ke dalam sol sepatu (kanan). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - NEC dan FiNC Technologies (Fink Technologies, Chiyodaku, Tokyo) mengembangkan aplikasi kesehatan, insole (insole) "Alog" dengan sensor built-in untuk mendeteksi kualitas keindahan jalan kaki setahun yang lalu.

Kini hasil uji coba sudah mulai dipasarkan di Jepang, untuk chip yang dipasang di sepatu dan aplikasi yang mengontrol dan mengecek pola jalan kaki penggunanya.

"Target pertama adalah pria berusia 30-an dan 40-an tahun yang ingin tetap keren dan terlihat lebih muda," ungkap Osamu Fujikawa, seorang pejabat eksekutif NEC.

Fujikawa menyarankan agar memperbaiki postur dan perilaku saat berjalan akan meningkatkan penampilan dan kesehatan dengan cara berjalan yang baik bagi pria maupun wanita.

Sejak tahun lalu meningkatkan pola berjalan dengan mengumpulkan data jalan kaki. Sasaran pada pria dan wanita berusia 30-an dan 40-an yang sadar akan kesehatan mereka.

Aplikasi sepatu yang dibuat NEC dan FiNC Technologies (kiri) mengecek jalan yang indah atau tidak serta chip yang dimasukkan ke dalam sol sepatu (kanan).
Aplikasi sepatu yang dibuat NEC dan FiNC Technologies (kiri) mengecek jalan yang indah atau tidak serta chip yang dimasukkan ke dalam sol sepatu (kanan). (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Sol dan aplikasi sensor dijual kepada masyarakat saat ini setelah uji coba sedikitnya setahun itu.

BERITA TERKAIT

Barang yang dijual terdiri dari insole yang menggabungkan sensor analisis berjalan yang dikembangkan oleh NEC dan aplikasi smartphone.

Sensor mengumpulkan data berjalan pengguna dan menghitung kecepatan berjalan, langkah, dan ketinggian kaki oleh teknologi unik NEC.

Kualitas jalan kaki diperkirakan berdasarkan hasil perhitungan, dan hasilnya divisualisasikan oleh aplikasi.

Misalnya apakah kita berjalan lurus, atau menyimpang ke samping, atau terlalu berat ke depan atau berat ke belakang.

Baca: Profil Tomohisa Yamashita, Aktor Jepang yang kena Skandal Ngamar dengan Gadis di Bawah Umur

Semua dapat dianalisa melalui aplikasi tersebut berdasarkan chips yang dipasang di sol sepatu.

Dari hasil itu kita dapat melihat sendiri apakah jalan terlalu cepat atau terlalu lambat, melenceng dan sebagainya sehingga bisa memperbaiki cara jalan.

Apabila cara jalan semakin baik maka poin aplikasi semakin tinggi menuju ke angka 100.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas