Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jaksa New York Ciduk Steve Bannon, Mantan Penasihat Presiden AS Donald Trump

Bannon pernah menjadi tokoh berpengaruh di Gedung Putih. Ia ditunjuk menjadi kepala strategi Trump, sampai dia dipecat Presiden Trump Agustus 2017.

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Jaksa New York Ciduk Steve Bannon, Mantan Penasihat Presiden AS Donald Trump
BREIT BART
Steve Bannon 

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK - Jaksa federal New York menangkap mantan penasihat Presiden Donald Trump, Steve Bannon, dan tiga orang lainnya, Kamis (20/8/2020).

Mereka dituduh menipu para donor proyek pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko yang jadi program nasional Trump.

Bannon (66) ditangkap di sebuah kapal di lepas pantai timur Connecticut.  Dia akan tampil di pengadilan pertamanya di New York, Kamis malam atau Jumat (21/8/2020) pagi WIB.

Bill Burck, pengacara Bannon, menolak berkomentar. Keempat pria itu didakwa karena diduga menilep ratusan ribu dolar dana para donor crowdfunding online bernama “We Build the Wall”.

Dana itu dipakai untuk kepentingan pribadi. Penggalangan dana menghasilkan lebih dari $ 25 juta. Semua dana akan dipakai untuk menyukseskan proyek tembok perbatasan ala Trump.

Namun sebaliknya, menurut jaksa, Bannon, melalui organisasi nirlaba di bawah kendalinya, menggunakan lebih dari $ 1 juta dari “We Build the Wall” untuk membayar Kolfage dan menutupi ratusan ribu dolar untuk pengeluaran pribadi Bannon.

Kolfage, menurut tuduhan itu, menggunakan lebih dari $ 350.000 dari sumbangan untuk keperluan pribadinya.

BERITA TERKAIT

Bannon, Kolfage dan dua terdakwa lainnya, Andrew Badolato dan Timothy Shea, didakwa atas tuduhan bersekongkol menipu pendonor, dan satu tuduhan konspirasi pencucian uang.

"Seperti yang dituduhkan, para terdakwa menipu ratusan ribu donor, memanfaatkan kepentingan mereka mendanai tembok perbatasan untuk mengumpulkan jutaan dolar,” kata pejabat jaksa federal Audrey Strauss.

"Sementara berulang kali meyakinkan para donor, “We Build the Wall”  diam-diam memberikan ratusan ribu dolar kepada Kolfage, yang dia gunakan untuk mendanai gaya hidupnya yang mewah," lanjutnya.

Pada Februari, CNN melaporkan “We Build the Wall” telah berkomunikasi dengan pemerintah mengenai rencana untuk membangun tembok di sepanjang perbatasan selatan dan menyumbangkannya kepada pemerintah AS.

Alyssa Farah, Direktur Komunikasi Strategis Gedung Putih, menolak mengomentari dakwaan yang dijatuhkan ke orang-orang dekat Trump itu.

Seorang pejabat penegak hukum mengatakan para pejabat di markas besar Departemen Kehakiman diberi pengarahan sebelum dakwaan Bannon dan lainnya, tetapi tidak mengatakan kapan.

Pejabat kehakiman mengatakan pemecatan Geoffrey Berman oleh Jaksa Agung William Barr pada bulan Juni tidak terkait dengan penanganan kasus tertentu.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas