Tribun

Wisata Jepang

Menikmati Keindahan Lembah Atera di Perfektur Nagano Jepang, Airnya Seolah Berwarna Biru

Keindahan lembah tersebut digambarkan sebagai "Atera Blue" dengan panjang aliran 20 km dan yang dikelola sepanjang 12,862 km oleh pemda setempat.

Editor: Dewi Agustina
Menikmati Keindahan Lembah Atera di Perfektur Nagano Jepang, Airnya Seolah Berwarna Biru
Foto Kiso Ontake
Lembah Atera di Perfektur Nagano, batuan dasar sungai berwarna biru jelas terlihat karena kebersihan sungainya. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Sungai Atera (Aderagawa) adalah anak sungai dari Sungai Kiso, sungai utama. Namun Aderagawa memiliki lembah yang sangat indah dan terkenal di Jepang dengan air transparan seolah berwarna biru.

Seluruh area dari sumber air hingga pertemuan Sungai Kiso berada di Desa Okuwa, Perfektur Nagano, dan hampir seluruh area membentuk lembah dalam yang disebut Lembah Atera.

Keindahan lembah tersebut digambarkan sebagai "Atera Blue" dengan panjang aliran 20 km dan yang dikelola sepanjang 12,862 km oleh pemda setempat dengan kontrol teratur.

Hulu Sungai Atera terletak di Pegunungan Atera, yang membentang ke selatan Gunung Mitake.

Pegunungan Atera adalah perbatasan prefektur antara Perfektur Nagano dan Gifu, di mana Gunung Idenokojiyama dan Gunung Okusankaidake (1.810,7 m) merupakan sumber dari Sungai Atera.

Sungai Atera mengalir ke arah timur, menggabungkan "Kitazawa" yang mengalir di barat Gunung Atera (1.557,8 m) dari Kitazawa Pass dan "Tarugazawa" yang berasal dari selatan Gunung Sandagoya, serta Gunung Atera.

Lembah yang dalam (Lembah Atera) terbentuk antara 1.471 m di kaki timur laut Gunung Iimori (1 074 m), sekitar 20 km dari hulu, sungai ini bergabung dengan danau bendungan di Sungai Kiso.

Lembah Atera Keikoku tempat wisata indah di Perfektur Nagano memakan korban 2 orang meninggal. Para petugas penyelamat sedang mencari tubuh korban.
Lembah Atera Keikoku tempat wisata indah di Perfektur Nagano memakan korban 2 orang meninggal. Para petugas penyelamat sedang mencari tubuh korban. (Foto NBS)

Sungai Atera fokus utama dari Lembah Atera yang dalam di hampir seluruh wilayah kecuali di daerah dataran tinggi di hulu sungai.

Lembah ini merupakan kawasan granit sepanjang sesar aktif besar (sesar Atera) sepanjang 80 km yang mengangkangi Prefektur Nagano dan Gifu, dan selisih antara dasar lembah dan kedua tepiannya maksimum sekitar 1.000 meter.

Ngarai ini membentang sekitar 16 hingga 18 km dari pertemuan ke Sungai Kiso, dan disebut Ngarai Atera.

Baca: Lembah Atera Keikoku di Jepang Memakan Korban Jiwa, Pria dan Wanita Ditemukan Tak Bernyawa

Halaman
123
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas