Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Teror di Austria, Pelaku yang Ditembak Mati Warga Berdarah Austria-Makedonia-Albania

Mendagri Austria Karl Nehammer mengumumkan Selasa (3/11/2020) pagi, tersangka yang terbunuh adalah teroris dan simpatisa ISIS (Daesh).

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Teror di Austria, Pelaku yang Ditembak Mati Warga Berdarah Austria-Makedonia-Albania
AFP
Polisi Austria berpatroli di jalan-jalan ibukota Wina, Selasa (3/11/2020). Serangan teroris di kota itu menewaskan sekurangnya 4 orang, melukai 17 lainnya. Seorang pelaku penyerangan ditembak mati. 

TRIBUNNEWS.COM, WINA – Aparat keamanan Austria melancarkan operasi besar-besaran memburu seorang teroris yang menewaskan empat orang di Wina, Senin (2/11/2020) malam waktu setempat.

Seorang pelaku teror ditembak mati menyusul baku tembak melawan pasukan khusus kepolisian Austria. Dikutip Sputniknews.com, pelaku dilaporkan bernama Kurtin S, usia 20 tahun.

Ia warga setempat berdarah Austria-Makedonia Utara. Akar keluarganya dari Albania. Kurtin S ini lahir,  tumbuh, besar di Wina.

Rentetan aksi penembakan membabibuta di enam titik di Wina selain menewaskan empat orang, mencederai sekurangnya 17 orang lainnya.

Baca juga: Teroris Serang Bangunan Sinagoga di Wina Austria, 7 Orang Tewas, Dilakukan di 6 Titik Berbeda

Baca juga: Dukungan Negara-negara di Dunia ke Austria Pasca Insiden Penembakan di Wina 

Kanselir Austria, Sebastian Kurz bertekad memerangi aksi teroris dalam apa yang dia gambarkan sebagai "pertempuran antara peradaban dan barbarisme".

Menteri Dalam Negeri Austria Karl Nehammer mengumumkan Selasa (3/11/2020) pagi waktu Wina, tersangka yang telah terbunuh adalah teroris dan simpatisan ISIS.

Menurut jurnalis investigasi dan pemimpin redaksi surat kabar Falter, Florian Klenk, Kurtin S telah diawasi otoritas keamanan Austria setelah bergabung bersama 90 Islamis lain.

BERITA TERKAIT

Mereka berusaha pergi ke Suriah secara ilegal untuk bergabung dalam perang melawan pemerintah Damaskus.

Polisi menggagalkan upaya tersangka untuk pergi ke Timur Tengah yang dilanda perang. Ia dijatuhi hukuman penjara 8 bulan, yang kemudian dipersingkat di bawah undang-undang remaja Austria.

Keringanan hukuman itu membuat ia dibebaskan Desember 2019. Polisi dilaporkan menganggap tersangka tidak mampu merencanakan serangan di ibu kota Austria.

Berbekal senapan otomatis, pistol, dan parang, Kurtin S menyerang secara acak, dan 9 menit kemudian ia tewas ditembak polisi.

Ia terjatuh dan dinyatakan tewas pada pukul 20.09 waktu setempat di tangan anggota satuan polisi khusus WEGA. Polisi kemudian menggeledah apartemennya.

Polisi Austria, termasuk unit taktis EKO Cobra Kementerian Dalam Negeri dan WEGA terus memburu setidaknya satu tersangka penyerang lainnya.

Orang yang dicari ini memposting gambar dirinya memegang senapan serbu, pistol dan pisau, dan berjanji setia kepada Daesh (ISIS) di akun Instagramnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas