Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kisah Rahasia di Balik Penyamaran Diplomat  Israel di Negara Arab

Proses politik dan diplomasi di balik perdamaian negara-negara Arab dan Afrika itu ternyata berlangsung sangat rahasia.

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Kisah Rahasia di Balik Penyamaran Diplomat  Israel di Negara Arab
The Times of Israel/Kemenlu Israel
Menlu Israel Gabi Askhenazi menyalami seorang perempuan berambut pirang, diplomat Israel yang bertugas di sebuah negara Arab di sebuah acara di Yerusalem, Kamis (10/12/2020). Diplomat itu membantu finalisasi perdamaian negara Arab dengan Israel. 

TRIBUNNEWS.COM, YERUSALEM – Didukung penuh pemerintahan Presiden AS Donald Trump, Israel berhasil menarik sejumlah negara Arab menormalkan hubungan politik antarnegara.

Setelah Uni Emirat Arab dan Bahrain, Sudan dan Maroko di Afrika utara, resmi berdamai dengan negara zionis itu. Beberapa negara di kawasan Teluk, dikabarkan akan segera menyusul.

Mesir dan Yordania, termasuk Turki, sudah lebih awal menjalin hubungan politik dengan Israel. Turki dalam waktu dekat akan segera menempatkan kembali duta besarnya di Israel.




Proses politik dan diplomasi di balik perdamaian negara-negara Arab dan Afrika itu ternyata berlangsung sangat rahasia.

Media The Times of Israel, Rabu (16/12/2002), membeber, bagaimana para diplomat yang terlibat negosiasi menutup rapat-rapat identitasnya selama bertahun-tahun.

Kini, wajah mereka perlahan mulai muncul ke publik setelah Menlu Israel Gabi Askhenazi, menggelar acara khusus untuk para diplomat maupun agen yang terlibat proses tersebut.

Meski demikian, nama-nama asli sebagian dari mereka tidak tetap tidak diungkapkan. Rata-rata, para negosiator ini bekerja menggunakan identitas palsu.

Baca juga: Raja Mohammad VI dan PM Netanyahu Saling Memuji Keputusan Perdamaian Maroko-Israel

Baca juga: Pengakuan AS Atas Sahara Barat Jadi Konsesi Perdamaian Maroko-Israel

Baca juga: Trump Umumkan Israel-Sudan Akhirnya Sepakat Normalisasi Hubungan

BERITA TERKAIT

Sebagian malah bekerja bukan sebagai diplomat, namun bertujuan untuk mempromosikan betapa pentingnya normalisasi hubungan negara Arab dengan Israel.  

Melahirkan Anak di Uni Emirat Arab

Seorang Israel yang menyamar di sebuah negara Arab bahkan melahirkan seorang bayi laki-laki di negara tersebut. Ini mungkin pertama kalinya seorang warga negara Israel lahir di Uni Emirat Arab.

"Ini adalah upaya keluarga demi memajukan hubungan yang paling penting dengan negara Israel," katanya kepada surat kabar Yedioth Ahronoth pekan lalu.

“Kami membayar harga yang tidak terlalu kecil, tetapi melihat hasil dari pekerjaan kami di lapangan membuat kami bangga atas butiran pasir yang kami sumbangkan sebagai sebuah keluarga untuk menjadikan dunia tempat yang lebih baik,” imbuhnya.

Selama bertahun-tahun, diplomasi diam-diam Israel di UEA dan negara-negara Teluk lainnya, yang sekarang terbuka, menjadi salah satu rahasia terburuk yang disimpan di kawasan itu.

Tapi nama dan cerita dari 20 atau lebih perempuan dan laki-laki yang mendorong upaya tertutup ini sebagian besar juga masih disembunyikan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas