Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tim WHO Kunjungi Rumah Sakit Wuhan yang Rawat Pasien Virus Corona di Awal Pandemi

Tim WHO kunjungi rumah sakit Wuhan, di mana pemerintah mengatakan pasien dengan Covid-19 pertama di rawat setahun yang lalu.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Muhammad Renald Shiftanto
zoom-in Tim WHO Kunjungi Rumah Sakit Wuhan yang Rawat Pasien Virus Corona di Awal Pandemi
Koki Kataoka/Yomiuri /The Yomiuri Shimbun via AFP
Sebuah gambar menunjukkan Rumah Sakit Jinyintan tempat anggota tim Organisasi Kesehatan Dunia yang menyelidiki asal-usul pandemi virus korona baru COVID-19 mengunjungi Wuhan, Provinsi Hubei, China pada 30 Januari 2021. Tim penyelidik WHO mulai melakukan penyelidikan pada hari sebelumnya. 

TRIBUNNEWS.COM - Pada Jumat (29/1/2021) tim World Health Organization (WHO) mengunjungi rumah sakit Wuhan, di mana pemerintah mengatakan pasien dengan Covid-19 pertama di rawat setahun yang lalu.

Mengutip Ap News, kunjungan tim WHO ini merupakan bagian dari misi pencarian fakta yang telah lama dinantikan terkait asal-usul virus corona.

Menjelang kunjungan lapangan di sekitar pusat kota Wuhan, anggota tim WHO dan pejabat China sebelumnya melakukan pertemuan langsung untuk kali pertama di hotel.




"Pertemuan tatap muka pertama dengan kolega kita," tulis virologi asal Beladan Marion Koopmans dalam twitnya Jumat pagi.

Baca juga: WHO Ingatkan Tahun Kedua Pandemi Covid-19 Bisa Lebih Sulit

Sebuah gambar menunjukkan Rumah Sakit Jinyintan tempat anggota tim Organisasi Kesehatan Dunia yang menyelidiki asal-usul pandemi virus korona baru COVID-19 mengunjungi Wuhan, Provinsi Hubei, China pada 30 Januari 2021. Tim penyelidik WHO mulai melakukan penyelidikan pada hari sebelumnya.
Sebuah gambar menunjukkan Rumah Sakit Jinyintan tempat anggota tim Organisasi Kesehatan Dunia yang menyelidiki asal-usul pandemi virus korona baru COVID-19 mengunjungi Wuhan, Provinsi Hubei, China pada 30 Januari 2021. Tim penyelidik WHO mulai melakukan penyelidikan pada hari sebelumnya. (Koki Kataoka/Yomiuri /The Yomiuri Shimbun via AFP)

Koopmans berkata, timnya dan pihak terkait tengah mendiskusikan program kunjungan mereka.

Menyoal kunjungan tim dari WHO ini, ahli epidemiologi Tiongkok terkemuka Liang Wannian, yang telah menjadi pemimpin tim tanggapan Tiongkok.

"Senang melihat kolega kita setelah pertemuan Zoom yang panjang," tulis Koopman dalam twitnya.

Baca juga: Otoritas Kesehatan China dan WHO Bahas Kerja Sama untuk Selidiki Asal Virus Corona di Wuhan

BERITA TERKAIT

Setibanya di China, Tim WHO Karantina 14 Hari

Para peneliti menjalani karantina 14 hari setelah tiba di China dan selama waktu itu, mereka mengadakan video meeting.

Mereka keluar dari karantina pada Kamis (28/1/2021).

Anggota tim meninggalkan hotel dengan mobil dan tidak lama kemudian memasuki gerbang Rumah Sakit Pengobatan Terpadu China dan Barat Provinsi Hubei.

Menurut akun resmi pemerintah China tentang tanggapannya terhadap wabah awal, Dr Zhang Jixian adalah orang pertama yang melaporkan kasus.

Kemudian dikenal penyakit ini disebut sebagai "pneumonia yang tidak diketahui asalnya" di rumah sakit pada 27 Desember 2019.

WHO sebelumnya mengatakan lewat cuitan Twitter bahwa tim tersebut meminta "data kunci yang mendetail".

Pasar Huanan yang diduga merupakan sumber awal virus corona Covid-19.
Pasar Huanan yang diduga merupakan sumber awal virus corona Covid-19. (Sky News)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas