Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Djibouti Jadi Negara Kedua di Kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara yang Terima Vaksin COVAX

Vaksin yang diproduksi Serum Institute of India (SII) ini tiba di Bandara Internasional Djibouti dan merupakan bentuk dukungan UNICEF melalui skema CO

Djibouti Jadi Negara Kedua di Kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara yang Terima Vaksin COVAX
Nipah Dennis / AFP
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, DJIBOUTI - Djibouti adalah negara kedua di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA), yang menerima vaksin virus corona (Covid-19), setelah vaksin AstraZeneca tiba pada pengiriman batch pertama.

Vaksin yang diproduksi Serum Institute of India (SII) ini tiba di Bandara Internasional Djibouti dan merupakan bentuk dukungan UNICEF melalui skema COVAX.

Dikutip dari laman Reliefweb, Selasa (9/3/2021), COVAX adalah koalisi bersama yang diinisiasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), GAVI, Aliansi Vaksin, serta Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI).

Baca juga: Vaksin dari Covax Tiba di Indonesia, WHO: Ada Harapan Akhiri Pandemi Covid-19

Skema ini dibentuk untuk memastikan pendistribusian vaksin Covid-19 dilakukan secara adil dan merata ke negara berpendapatan rendah.

Pengiriman tersebut dilakukan menyusul kedatangan sejumlah jarum suntik yang telah tiba sebelumnya.

Jarum suntik yang dikirimkan sebelumnya itu merupakan bagian dari persediaan global yang didanai dan didukung oleh GAVI serta dikirimkan UNICEF atas nama Fasilitas COVAX pada 27 Februari 2021.

WHO telah bekerja sama dengan otoritas nasional untuk menerapkan strategi vaksinasi yang mencakup pelatihan bagi petugas pemberi vaksin, memastikan keamanan vaksin, dan pengawasan terhadap efek samping.

Baca juga: Kanada Tak Akan Berbagi Vaksin COVAX Hingga Semua Warganya Divaksinasi

Vaksin yang dikirimkan pada batch pertama ini akan berfokus pada vaksinasi untuk petugas kesehatan, orang yang berusia di atas 50 tahun serta orang dengan penyakit penyerta (komorbid).

Melalui kontribusi COVAX dan komitmen untuk melanjutkan upaya dalam mengakhiri pandemi, pemerintah Djibouti menjamin kelangsungan fasilitas dan akses ke layanan esensial.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas