Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Uji Coba di Inggris Tunjukkan Vaksin Novavax 96% Efektif Lawan Covid-19 dan 86% Lawan Varian Baru

Uji coba tahap akhir yang dilakukan di Inggris tunjukkan vaksin Covid-19 Novavax 96% efektif mencegah kasus yang disebabkan oleh versi asli Covid-19

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
zoom-in Uji Coba di Inggris Tunjukkan Vaksin Novavax 96% Efektif Lawan Covid-19 dan 86% Lawan Varian Baru
JUSTIN TALLIS / AFP
Sebuah gambar ilustrasi menunjukkan botol dengan stiker Vaksin Covid-19 terpasang dan jarum suntik dengan logo perusahaan biotek AS Novavax, pada 17 November 2020. Terbaru, Uji Coba di Inggris Tunjukkan Vaksin Novavax 96 Persen Efektif Lawan Covid-19 dan 86 Persen Lawan Varian Baru 

TRIBUNNEWS.COM - Uji coba tahap akhir yang dilakukan di Inggris menyebutkan, vaksin Covid-19 Novavax 96 persen efektif mencegah kasus yang disebabkan oleh versi asli virus corona.

Mengutip straitstimes.com, kabar ini disampaikan oleh perusahaan pembuat vaksin tersebut, Novavax Inc pada Kamis (11/3/2021).

Hasil temuan ini membawa Novavax selangkah lebih dekat ke persetujuan regulasi.

Perusahaan menerangkan, tak ada kasus dengan penyakit parah atau kematian di antara mereka yang menerima suntikan.

Baca juga: POPULER Internasional: Vaksin Novavax Kurang Ampuh terhadap Varian Covid Baru | Gadis Pecandu Oplas

Sebuah gambar ilustrasi menunjukkan botol dengan stiker Vaksin Covid-19 terpasang dan jarum suntik dengan logo perusahaan biotek AS Novavax, pada 17 November 2020. Terbaru, Uji Coba di Inggris Tunjukkan Vaksin Novavax 96 Persen Efektif Lawan Covid-19 dan 86 Persen Lawan Varian Baru
Sebuah gambar ilustrasi menunjukkan botol dengan stiker Vaksin Covid-19 terpasang dan jarum suntik dengan logo perusahaan biotek AS Novavax, pada 17 November 2020. Terbaru, Uji Coba di Inggris Tunjukkan Vaksin Novavax 96 Persen Efektif Lawan Covid-19 dan 86 Persen Lawan Varian Baru (JUSTIN TALLIS / AFP)

Menurut perusahaan, hal ini merupakan tanda bahwa Novavax dapat menghentikan efek lebih buruk dari varian baru yang muncul.

Vaksin itu juga sekira 86 persen efektif dalam melindungi dari varian virus yang lebih menular yang pertama kali ditemukan dan sekarang menyebar di Inggris.

Dengan menggabungkan data dari orang yang terinfeksi kedua versi virus corona, Novavax kurang lebih 90 persen efektif secara keseluruhan.

Baca juga: Hasil Uji Klinis di Inggris: Vaksin Novavax 89 Persen Efektif Cegah Covid-19

BERITA TERKAIT

Saham Melonjak

Saham Novavax melonjak 22 persen setelah jam perdagangan menjadi 229 dolar Amerika.

Ketika perusahaan mengumumkan mengembangkan vaksin virus corona, saham Novavax diperdagangkan di bawah 10 dolar Amerika pada 21 Januari 2020.

Ilustrasi Saham. Terbaru, Uji Coba di Inggris Tunjukkan Vaksin Novavax 96 Persen Efektif Lawan Covid-19 dan 86 Persen Lawan Varian Baru
Ilustrasi Saham. Terbaru, Uji Coba di Inggris Tunjukkan Vaksin Novavax 96 Persen Efektif Lawan Covid-19 dan 86 Persen Lawan Varian Baru (net)

Baca juga: Virus Corona Bermutasi, PCR Test Tidak Perlu Diubah, Pemerintah Diminta Percepat Vaksinasi

Uji Coba di Afrika Selatan

Dalam uji coba yang lebih kecil yang dilakukan di Afrika Selatan, vaksin Novavax 55 persen efektif, berdasarkan pada orang tanpa HIV.

Novavax juga mengembangkan formulasi baru dari vaksinnya untuk melindungi dari varian yang muncul dan berencana untuk memulai uji klinis dari suntikan ini pada kuartal kedua tahun ini.

Hasil dari analisis akhir uji coba Inggris sebagian besar sejalan dengan data sementara yang dirilis pada Januari.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas