Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Penanganan Covid

360.000 Dosis Vaksin COVAX Akhirnya Tiba di Yaman

Pengiriman vaksin ini merupakan langkah penting dalam perang melawan Covid-19 di Yaman.

360.000 Dosis Vaksin COVAX Akhirnya Tiba di Yaman
INDRANIL MUKHERJEE / AFP
Sebuah kotak karton vaksin Covishield yang dikembangkan oleh Serum Institute of India (SII) yang berbasis di Pune diturunkan di bandara Mumbai pada tanggal 24 Februari 2021, sebagai bagian dari skema Covax, yang bertujuan untuk mendapatkan dan mendistribusikan inokulasi secara adil di antara semua negara. 

TRIBUNNEWS.COM, SANA'A - Yaman baru saja menerima 360.000 dosis vaksin virus corona (Covid-19) yang dikirim melalui Fasilitas COVAX yang diinisiasi Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI), Gavi, Aliansi Vaksin, UNICEF, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Vaksin Covid-19 AstraZeneca yang dilisensikan dan diproduksi oleh Serum Institute of India itu akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan dan populasi prioritas lainnya di Yaman yang rentan terhadap virus tersebut.

Perwakilan UNICEF Philippe Duamelle, dan Perwakilan WHO Dr Adham Ismail telah menerima pengiriman vaksin di Aden, bersama dengan Menteri Kesehatan dan Kependudukan Yaman Dr Qasim Buhaibeh, serta Wakil Menteri Kesehatan Masyarakat dan Kependudukan Dr Ali Alwaleedi.

Baca juga: 811.200 Dosis Vaksin Covax Akan Tiba di Vietnam Awal April Mendatang

Adapun 360.000 dosis ini tiba bersama dengan 1.300.000 jarum suntik yang sangat penting untuk peluncuran kampanye vaksinasi yang aman dan efektif di negara itu.

Dikutip dari laman UNICEF, Rabu (31/3/2021), batch pertama pengiriman ini merupakan bagian dari 1,9 juta dosis yang akan diterima Yaman sepanjang tahun 2021.

Perwakilan UNICEF Philippe Duamelle mengatakan kedatangan dosis vaksin Covid-19 adalah momen kritis bagi Yaman, karena Covid-19 terus merenggut nyawa di seluruh dunia.

"Yaman sekarang memiliki kapasitas vaksin untuk melindungi mereka yang paling rentan, termasuk tenaga kesehatan. Sehingga mereka dapat terus memberikan intervensi penyelamatan jiwa bagi anak-anak dan keluarga secara aman. Vaksin bekerja, dan menyelamatkan nyawa, sekarang mari kita mulai mendorong orang agar mau divaksinasi," kata Duamelle.

Pengiriman ini merupakan langkah penting dalam perang melawan Covid-19 di Yaman.

"Ini akan membantu menyelamatkan nyawa, termasuk mereka yang berisiko tinggi terkena penyakit serius, dan akan membantu melindungi sistem kesehatan," tegas Duamelle.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas