Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Filateli

Mungkinkah Pameran Filateli Internasional Philanippon 2021 Tanpa Peserta dari Luar Jepang?

Apabila pameran filateli diselenggarakan tanpa peserta dari luar Jepang, ini menjadi yang pertama kali di dunia.

Mungkinkah Pameran Filateli Internasional Philanippon 2021 Tanpa Peserta dari Luar Jepang?
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Pameran filateli internasional PhilaNippon 2021, mulai 25 Agustus mendatang sampai dengan 30 Agustus 2021 tetap berjalan sesuai rencana. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pameran akbar internasional filateli PhilaNippon 2021 yang akan berlangsung mulai 25 hingga 30 Agustus 2021 kemungkinan besar tanpa pengunjung dan atau peserta dari luar Jepang.

"Sampai kini belum ada keputusan resmi dikeluarkan untuk Philanippon karena terkait kementerian dalam negeri komunikasi juga sebagai antisipasi virus corona. Namun ada kemungkinan besar tetap diselenggarakan tanpa peserta dari luar Jepang," papar sumber Tribunnews.com seorang pejabat pemerintah, Jumat (30/4/2021).

Apabila pameran filateli diselenggarakan tanpa peserta dari luar Jepang, ini menjadi yang pertama kali di dunia, sebuah pameran akbar internasional, tanpa peserta dari luar Jepang.

"Menjadi masalah sebenarnya bukan hanya peserta perorangan yang tidak bisa masuk ke Jepang, tetapi biasanya koleksi dibawa sendiri oleh peserta asing, dibawa masuk ke Jepang untuk dipamerkan," kata dia.

"Tidak akan mau filatelis mengirimkan lewat pos atau kurir swasta koleksi berharganya tersebut, apalagi koleksi yang berharga bisa jutaan miliaran yen dan calon peserta yang diperkirakan akan dapat grandprix dari luar Jepang juga pasti memiliki koleksi sangat mahal," jelasnya.

Kalau orang asing tak bisa masuk ke Jepang, koleksi juga tak bisa dibawa masuk, koleksi yang dipamerkan hanya dari dalam negeri Jepang saja.

Pameran filateli internasional PhilaNippon 2021, mulai 25 Agustus mendatang sampai dengan 30 Agustus 2021 tetap berjalan sesuai rencana.
Pameran filateli internasional PhilaNippon 2021, mulai 25 Agustus mendatang sampai dengan 30 Agustus 2021 tetap berjalan sesuai rencana. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

"Menjadi pertanyaan apakah kalau koleksi asing yang masuk, mungkin dikirimkan pos dari luar Jepang ke Panitia, dapat diterima pula dan dipamerkan pula? Meskipun koleksi itu misalnya berharga murah juga pemilik akan takut mengirimkan lewat pos."

"Tapi ada kemungkinan dia titip lewat jalur lain misalnya orang Jepang yang ada di negaranya, memasuki Jepang membawa koleksi orang asing itu, apakah bisa dipamerkan juga?"

"Lalu apakah adil bagi semua peserta asing? Karena belum tentu semua peserta memiliki teman warga Jepang dan belum tentu pula kembali ke Jepang. Semua itu harus kita pikirkan dan pertimbangkan juga agar adil bagi semua peserta dalam dan luar negeri."

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...

Produk Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas