Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Indonesia - Jepang Lanjutkan Kerja Sama Bidang Lingkungan Hidup

Kedua belah pihak setuju untuk menekankan bahwa tindakan atau aktivitas kerja sama yang akan diatur lebih baik melalui Kerangka Acuan.

Indonesia - Jepang Lanjutkan Kerja Sama Bidang Lingkungan Hidup
Foto Dok: KLHK
Menteri KLH RI, Siti Nurbaya dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi (kiri). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Menteri Lingkungan Hidup RI, Siti Nurbaya mengungkapkan kerja sama lingkungan hidup Indonesia dengan Jepang hingga saat ini terus dilanjutkan dengan baik.

Hal itu disampaikan oleh Siti Nurbaya saat bertemu Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi, Kamis (6/5/2021) lalu.

"Saya sampaikan kepada Pak Dubes Jepang mengenai kerja sama kedua negara selama ini berjalan dengan sangat baik dan berharap proses pembaruan Nota Kerja Sama (MoC) dapat berlangsung dengan lancar dalam waktu dekat ini," papar Menteri Siti Nurbaya kepada Tribunnews.com, Sabtu (8/5/2021).

Menteri menyambut baik kunjungan Dubes Jepang tersebut serta berharap hubungan kedua negara dapat semakin erat lagi di masa depan dengan kerja sama di berbagai bidang khususnya Lingkungan Hidup.

Kedua belah pihak setuju untuk menekankan bahwa tindakan atau aktivitas kerja sama yang akan diatur lebih baik melalui Kerangka Acuan untuk acara sekali jalan, dan Perjanjian Terpisah untuk aktivitas jangka panjang.

Selain itu kedua belah pihak juga menyadari bahwa pembaruan MoC akan dilampiri dengan Plan of Actions, yang masing-masing akan dijabarkan menjadi TOR atau Perjanjian Terpisah.

Idenya adalah bahwa Rencana Tindakan dapat diubah secara fleksibel dengan persetujuan tertulis oleh Focal Point KLH.

Menteri KLH RI, Siti Nurbaya dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi (kiri).
Menteri KLH RI, Siti Nurbaya dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi (kiri). (Foto Dok: KLHK)

"Mengenai draft keseluruhan MoC, KLH yakin staf kami di di Overseas Cooperation Bureau telah berkomunikasi dengan pihak Jepang melalui KBRI di Tokyo untuk menyampaikan counter draft sebagai tanggapan atas usulan Jepang. Saya berharap segera kita menyelesaikan proses negosiasi dan melanjutkan ke penandatangan MoC," kata Siti Nurbaya.

MoC akan berfungsi sebagai platform yang baik untuk kerja sama di bidang lingkungan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas