Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Negosiator Sebut AS Siap Cabut Sebagian Besar Sanksi ke Iran

Araqci mengatakan AS telah menyatakan kesiapan mencabut sebagian besar sanksi anti-Iran.

Negosiator Sebut AS Siap Cabut Sebagian Besar Sanksi ke Iran
AFP/CHAVOSH HOMAVANDI
FILE - Sebuah truk yang mengangkur rudal jarak menengah Sejjil tampil dalam parade militer memperingati awal Perang Iran-Irak di Teheran, Rabu (21/9/2016). 

TRIBUNNEWS.COM, TEHERAN - Negosiator utama Iran dalam putaran terakhir pembicaraan kesepakatan nuklir 2015 mengatakan AS telah menyatakan siap mencabut sebagian besar sanksi terhadap Teheran.

Namun ia menambahkan negosiasi akan berlanjut hingga tuntutan Iran sepenuhnya terpenuhi. Wakil Menteri Luar Negeri Abbas Araqchi, yang mengepalai delegasi Iran memberi pengarahan kepada media di Wina, Austria, Jumat (7/5/2021).

Ia menjelaskan perkembangan terbaru mengenai nasib Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), sesudah AS menginginkan kembali ke kesepakatan yang ditarik secara sepihak oleh Presiden AS Donald Trump itu.

Araqci mengatakan AS telah menyatakan kesiapan mencabut sebagian besar sanksi anti-Iran. Tapi dari sudut pandang Iran, langkah seperti itu tidak akan cukup, sehingga negosiasi akan terus berlanjut sampai semua tuntutan negara kita terpenuhi.

Baca juga: Negosiasi Nuklir Iran Masuki Babak Baru, Pencabutan Sanksi AS Masuk Usulan

Araqchi mengatakan, yang bisa disimpulkan dari sesi pertama, semua pihak serius mengupayakan solusi untuk menghidupkan kembali JCPOA.

Dia menambahkan babak baru dimulai dengan “energi positif,” mengungkapkan harapan delegasi dapat mencapai kesimpulan dalam waktu sesingkat mungkin. Pihak AS tidak terlibat langsung dalam pembicaraan ulang di Wina.

“Tantangan dan perbedaan tidak kecil dan karenanya harus dibicarakan untuk mendapatkan solusi bagi mereka,” diplomat Iran menambahkan. Suara dan keinginan AS disampaikan via delegasi Eropa yang terlibat dalam JCPOA.

Araqchi menegaskan kembali kesiapan Iran untuk melanjutkan implementasi penuh dari kesepakatan tersebut segera setelah tuntutannya dipenuhi.

Dia mengatakan tidak akan ada jeda dalam negosiasi, yang akan diadakan di tingkat ahli dan di dalam kelompok kerja yang dibentuk pada putaran pembicaraan sebelumnya di Wina.

Delegasi dari Iran dan Grup 4 + 1 menyelesaikan putaran baru pembicaraan Komisi Gabungan JCPOA di Wina pada Jumat malam.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Setya Krisna Sumarga
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas