Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Krisis Myanmar

Yuki Kitazumi, Wartawan Jepang yang Ditahan Otoritas Myanmar Segera Dibebaskan

Mengenai alasan pembebasan Yuki Kitazumi, bahwa "Myanmar dan Jepang memiliki hubungan yang baik dan itu yang menjadi pertimbangan."

Yuki Kitazumi, Wartawan Jepang yang Ditahan Otoritas Myanmar Segera Dibebaskan
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Yuki Kitazumi ditangkap otoritas Myanmar. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pemerintah Myanmar mengumumkan akan segera membebaskan Yuki Kitazumi (45), wartawan Jepang yang ditangkap untuk kedua kalinya oleh militer Myanmar.

"Kitazumi akan segera dibebaskan setelah dituduh menyebarkan "berita palsu". Tidak disebutkan tanggal dan waktu rilis. Tapi diperkirakan segera dibebaskan dan dalam waktu dekat ini akan kembali ke Jepang," papar sumber Tribunnews.com, Jumat (14/5/2021).

Mengenai alasan pembebasan Yuki Kitazumi, bahwa "Myanmar dan Jepang memiliki hubungan yang baik dan itu yang menjadi pertimbangan."

Kitazumi didakwa membuat dan menyebarkan berita palsu pada tanggal 3 April dan melanggar Undang-Undang Khusus Keimigrasian, yang mengharuskan orang asing untuk mematuhi hukum dalam negeri, tetapi keduanya dikatakan ditarik.

Yuki Kitazumi sedang menelepon di dalam mobilnya.
Yuki Kitazumi sedang menelepon di dalam mobilnya. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Kitazumi meliput demonstrasi protes warga yang menentang kudeta angkatan bersenjata dan menyebarkan informasi melalui situs pertukaran keanggotaan (SNS).

Dia ditangkap oleh polisi di rumahnya di Yangon, kota terbesar pada 18 April, dan kemudian ditahan di sebuah penjara di kota.

Baca juga: Jepang Minta Junta Militer Myanmar Bebaskan Jurnalis Yuki Kitazumi yang Ditahan

Sebelumnya, bulan Februari 2021, Kitazumi ditahan selama sehari dan dibebaskan pada pagi hari tanggal 26 Februari 2021 saat meliput rapat umum anti-militer di Rangoon di Myay Ni Gone Myanmar.

Sementara itu upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang nantinya. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Ikuti kami di
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas