Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tingkat Tawaran Pekerjaan di Jepang untuk Mahasiswa 96 Persen

Tingkat tawaran pekerjaan adalah 96 persen per 1 April, lebih rendah 2 poin dari periode yang sama tahun lalu.

Tingkat Tawaran Pekerjaan di Jepang untuk Mahasiswa 96 Persen
Fuji TV
Menteri Kesehatan Jepang Norihisa Tamura. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Tingkat tawaran pekerjaan di Jepang per 1 April 2021 untuk mahasiswa 96 persen atau 2 poin lebih rendah dari periode yang sama tahun lalu. Selain itu ada pula tawaran pekerjaan yang dibatalkan.

"Penurunan ini terjadi karena pengaruh virus corona, yang merupakan tingkat terendah kedua setelah 2010 ketika terkena Lehman shock," tulis hasil surbei Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan, Selasa (18/5/2021).

Kementerian Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi telah memilih dan mensurvei total 4.770 orang dari 62 universitas di seluruh tempat di Jepang mengenai status kegiatan berburu kerja (shushoku katsudo) bagi mahasiswa yang lulus musim semi ini.

Berdasarkan hal tersebut, tingkat tawaran pekerjaan adalah 96 persen per 1 April, lebih rendah 2 poin dari periode yang sama tahun lalu, yang merupakan yang tertinggi sejak survei dimulai.

Dari segi penurunan, merupakan penurunan terendah kedua setelah April 2010, yaitu 3,9 poin lebih rendah dari tahun sebelumnya akibat dampak guncangan Lehman.

Di sisi lain, jika membandingkan tingkat ketenagakerjaan mahasiswa yang lulus musim semi ini dari tahun sebelumnya, itu adalah 69,8 persen pada Oktober tahun lalu, turun 7 poin dari tahun sebelumnya.

Tetapi pada Desember menjadi 82,2 persen, minus 4,9 poin pada bulan Februari sebesar 89,5% minus 2,8 poin dan laju penurunan terus menurun.

Baca juga: Presiden Dari-K Ingin Rasa Asli Cokelat Indonesia Dirasakan Orang Jepang

Melihat tingkat tawaran pekerjaan berdasarkan jenis kelamin, mahasiswa laki-laki menyumbang 95%, 2,5 poin dari tahun lalu, dan mahasiswa perempuan menyumbang 97,2%, 1,3 poin lebih rendah dari tahun lalu.

Tingkat tawaran pekerjaan untuk mahasiswa junior adalah 96,3% dan 0,7 poin, dan tawaran pekerjaan untuk siswa sekolah kejuruan adalah 91,2% dan 5,6 poin, keduanya lebih rendah dari periode yang sama tahun lalu.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas