Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menyalahgunakan Subsidi Pemerintah Jepang Hingga 160 Juta Yen, 5 Pria Ditangkap

File bernama "Daftar Manajemen Manfaat" ditemukan dalam memori USB yang disita oleh Departemen Kepolisian Metropolitan, yang berujung pada penangkapan

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Menyalahgunakan Subsidi Pemerintah Jepang Hingga 160 Juta Yen, 5 Pria Ditangkap
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Contoh Kyufukin atau subsidi pemerintah Jepang 100.000 yen bagi setiap warga di Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Lima pria dengan usia sekitar 36 tahun ditangkap polisi Jepang karena menyalahgunakan subsiri pemerintah Jepang sehingga mengalami kerugian mencapai 160 juta yen.

"Melalui media sosial lima tersangka menawarkan jasanya mengajukan subsidi pemerintah Jepang tiap orang 1 juta yen kepada 160 orang dan mereka melakukan penipuan dan pemalsuan dokumen saat mengajukan aplikasi subsidi ke pemerintah," ungkap sumber Tribunnews.com, Kamis (20/5/2021).

Menurut Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo, pada bulan Juni 2020, lima orang itu berpura-pura menjadi pemilik tunggal dan menipu negara tersebut untuk mempertahankan keuntungan sebesar 3 juta yen dengan mengajukan kebohongan bahwa pendapatan bisnis berkurang secara signifikan karena efek virus corona.

Salah satu tersangka bernama Inaba, dinyatakan bersalah karena melanggar Undang-Undang Pencegahan Persaingan Usaha Tidak Sehat pada bulan Maret, menuduh bahwa ia pernah menjalankan agen penjualan ponsel dan secara ilegal mengambil lebih dari 6.000 informasi pelanggan yang membeli ponsel SoftBank.

Baca juga: Tuntutan Mantan Chairman Nissan Jepang Ditolak Pengadilan Belanda, Diminta Kembalikan 5 Juta Euro

Dalam kasus ini, sebuah file bernama "Daftar Manajemen Manfaat" ditemukan dalam memori USB yang disita oleh Departemen Kepolisian Metropolitan, yang berujung pada penangkapan ini.

Dari data itulah mereka mulai melakukan penipuan dan pengajuan aplikasi palsu ke pemerintah untuk mendapatkan subsidi.

BERITA TERKAIT

Departemen Kepolisian Metropolitan sedang menyelidiki bahwa lima orang telah menipu sekitar 160 orang di seluruh negeri melalui media sosial dan menipu total 160 juta yen.

Departemen Kepolisian Metropolitan belum mengungkapkan persetujuan atau ketidaksetujuan tuduhan polisi dari kelima orang tersebut.

Sementara itu upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas