Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Anak Muda Jepang di Kota Besar Tokyo Hanya 8,6% Yang Ingin Jadi Pegawai Negeri

Perusahaan perekrut Jepang besar Rikunabi (Recruit Co.Ltd) mengungkapkan Kamis (8/7/2021) bahwa jumlah anak muda Jepang yang baru lulus Universitas

Anak Muda Jepang di Kota Besar Tokyo Hanya 8,6% Yang Ingin Jadi Pegawai Negeri
Richard Susilo
Grafik penurunan jumlah pencari kerja saat ini  untuk tahun 2022, hanya 80,5% saja dibandingkan tahun ini 85,1%. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Perusahaan perekrut Jepang besar Rikunabi (Recruit Co.Ltd) mengungkapkan Kamis (8/7/2021) bahwa jumlah anak muda Jepang yang baru lulus Universitas khususnya di Tokyo hanya 8,6% saja yang berkeinginan melamar kerja sebagai pegawai negeri (PNS).

"Mahasiswa yang dijadwalkan lulus musim semi berikutnya (2022) yang ingin mencari kerja sebanyak 80,5% per 1 Juli 2021. Padahal sebelumnya 85,1%," ungkap Rikunabi dalam mengumumkan hasil surveinya.

Pencarian kerja kali ini didominasi mahasiswa sebelum penyebaran infeksi virus corona baru.

Tampak alasannya adalah kecenderungan stabilitas meningkat karena penyakit corona, terutama di kalangan pelajar lokal, dan ada kecenderungan untuk menjadi PNS.

Menurut Recruit, persentase siswa yang bercita-cita menjadi pegawai negeri sipil di wilayah Kanto (Tokyo dan sekitarnya) adalah 8,6%, yang hampir tidak berubah sejak lulus dalam   tahun 2020.

Di sisi lain, untuk daerah luar Kanto, khususnya di area selain Kanto, Chubu, dan Kinki, yang memiliki kota besar pula, kecenderungan ingin menjadi PNS meningkat 8,6 poin dari   tahun 2020 sehingga menjadi 18,8%.

Sementara itu Beasiswa (ke Jepang) dan upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif dengan melalui zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang nantinya. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas