Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Krisis Lebanon: Calon Perdana Menteri Saad Hariri Mengundurkan Diri

Calon Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri mengundurkan diri pada Kamis (15/7/2021)setelah gagal membentuk pemerintahan selama delapan bulan terakhir.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Krisis Lebanon: Calon Perdana Menteri Saad Hariri Mengundurkan Diri
ANWAR AMRO / AFP
Dalam file foto yang diambil pada 22 Oktober 2020, mantan perdana menteri Lebanon Saad Hariri menyampaikan pernyataan setelah presiden menunjuknya untuk membentuk kabinet baru, di istana kepresidenan di Baabda, sebelah timur ibu kota Beirut. Amerika Serikat mengatakan pengunduran diri Saad Hariri sebagai perdana menteri Lebanon pada Kamis mengecewakan. "Sangat penting bahwa pemerintah berkomitmen dan mampu melaksanakan reformasi prioritas dibentuk sekarang," kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken setelah Hariri meninggalkan upayanya untuk membentuk pemerintahan sembilan bulan setelah menerima tantangan. 

TRIBUNNEWS.COM - Calon Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri mengundurkan diri pada Kamis (15/7/2021) setelah gagal membentuk pemerintahan selama delapan bulan terakhir.

Hariri mengundurkan diri setelah pertemuan singkat dengan Presiden Michel Aoun di Istana Baabda.

"Saya mundur dari pembentukan pemerintahan," katanya kepada wartawan.

“Aoun menuntut beberapa amandemen, yang ia anggap penting, dan mengatakan kita tidak akan bisa mencapai pemahaman satu sama lain… Semoga Tuhan menyelamatkan negara ini.”

Baca juga: Krisis Ekonomi di Lebanon: Tentara Buka Tur Helikopter, Listrik Padam, hingga Mata Uang Anjlok

Baca juga: Arab Saudi Siapkan Ratusan Relawan Kesehatan Untuk Rawat Jemaah Haji

Dalam file foto yang diambil pada 22 Oktober 2020, mantan perdana menteri Lebanon Saad Hariri menyampaikan pernyataan setelah presiden menunjuknya untuk membentuk kabinet baru, di istana kepresidenan di Baabda, sebelah timur ibu kota Beirut. Amerika Serikat mengatakan pengunduran diri Saad Hariri sebagai perdana menteri Lebanon pada Kamis mengecewakan.
Dalam file foto yang diambil pada 22 Oktober 2020, mantan perdana menteri Lebanon Saad Hariri menyampaikan pernyataan setelah presiden menunjuknya untuk membentuk kabinet baru, di istana kepresidenan di Baabda, sebelah timur ibu kota Beirut. Amerika Serikat mengatakan pengunduran diri Saad Hariri sebagai perdana menteri Lebanon pada Kamis mengecewakan. "Sangat penting bahwa pemerintah berkomitmen dan mampu melaksanakan reformasi prioritas dibentuk sekarang," kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken setelah Hariri meninggalkan upayanya untuk membentuk pemerintahan sembilan bulan setelah menerima tantangan. (ANWAR AMRO / AFP)

Dilansir Al Jazeera, Aoun menuduh Hariri sudah memutuskan untuk mundur sebelum pertemuan mereka.

"Hariri menolak setiap amandemen terkait perubahan kementerian, distribusi sektarian mereka, dan nama-nama yang terkait dengannya," kata kantor presiden dalam sebuah pernyataan.

Dalam sebuah wawancara dengan TV Al Jadeed Lebanon, Hariri mengatakan ia memilih kandidatnya berdasarkan keahlian dan kemampuan mereka untuk mereformasi ekonomi, tetapi Aoun tidak.

BERITA REKOMENDASI

“Saya mengundurkan diri pada 2019 karena saya menginginkan pemerintahan yang ahli, dan jika kita membentuk pemerintahan Michel Aoun maka negara tidak akan selamat,” katanya.

“Masalah utama negara ini adalah Michel Aoun, yang bersekutu dengan Hizbullah, yang pada gilirannya melindunginya. Ini adalah persamaan di negara ini dan jika seseorang tidak dapat melihatnya maka mereka buta.”

Kantor Hariri menolak berkomentar kepada Al Jazeera.

Kemudian Kamis, pendukung Hariri dan partai Gerakan Masa Depannya turun ke jalan, memblokir jalan dengan membakar ban dan tempat sampah di beberapa daerah sekitar Beirut.

Beberapa lusin pengunjuk rasa di Sports City Beirut bentrok dengan tentara Libanon dengan perlengkapan anti huru hara yang menembakkan peluru baja berlapis karet.

Jalan raya utama di selatan ibu kota juga menjadi sasaran para demonstran. Jalan di utara kota Tripoli dan di selatan kota Sour juga diblokir.

Menyusul turunnya Hariri, pound Lebanon mencapai titik terendah baru sepanjang masa melebihi 21.000 terhadap dolar AS.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas