Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Penanganan Covid

Arab Saudi Denda Rp 1,9 Miliar bagi Pendatang dari Negara Terinfeksi Tinggi Covid-19

Kantor Jaksa Penuntut Umum Arab Saudi akan mendenda 500 ribu riyal (sekitar Rp 1,9 miliar) bagi penumpang penerbangan dari negara terinfeksi Covid-19

Arab Saudi Denda Rp 1,9 Miliar bagi Pendatang dari Negara Terinfeksi Tinggi Covid-19
AFP
Jemaah berbelanja di Mekkah Royal Clock Tower di kota suci Mekkah pada 20 Juli 2021. 

TRIBUNNEWS.COM, RIYADH – Kantor Jaksa Penuntut Umum Arab Saudi memeringatkan ada sanksi denda 500 ribu riyal  yang akan dikenakan kepada para penumpang penerbangan internasional yang masuk ke negara itu dari negara-negara yang terkena Covid-19.

Disebutkan, sanksi denda itu diberlakukan karena melanggar aturan tentang pencegahan pandemic virus Corona.

Dikutip dari Saudi Gazette, Kantor kejaksaan juga menambahkan, hukuman yang sama juga akan diterapkan pada mereka yang bertanggung jawab atas alat transportasi.

Penuntut Umum menegaskan bahwa para pengunjung yang datang ke Kerajaan dengan penerbangan internasional dan mereka yang bertanggung jawab atas transportasi dan operator perjalanan melalui pelabuhan masuk harus mengungkapkan apakah mereka melakukan kunjungan ke salah satu negara yang terkena dampak wabah virus corona atau strain yang bermutasi.

“Jika mereka gagal untuk mengungkapkan ini, tindakan hukuman berat akan diambil terhadap mereka,” sebut kantor kejaksaan.

Baca juga: Turis yang Divaksin Lengkap Dapat Masuk ke Arab Saudi Tanpa Karantina Mulai 1 Agustus

Baca juga: Dampak Covid-19, Arab Saudi Akan Evakuasi 200 Warganya dari Indonesia

Dikatakannya, pelanggar akan dihukum dengan denda hingga setengah juta riyal, dan pelanggar, operator atau pemilik alat pengangkut, menanggung kerugian akibat pelanggaran tersebut.

Jika pelanggaran disertai dengan tindak pidana, kata jaksa penuntut umum, kasus terhadap pelaku akan dirujuk ke Penuntut Umum sebelum mengajukan kasus ke pengadilan yang berwenang.

Hukuman Penjara

Lima hari lalu, Arab Saudi menetapkan sanksi bagi warganya yang bepergian ke negara dengan angka infeksi Covid-19 yang tinggi, termasuk Indonesia.

Dilansir Arab News, Kementerian Dalam Negeri mengatakan warga yang nekat masuk negara daftar merah akan dilarang bepergian selama 3 tahun.

Halaman
12
Editor: hasanah samhudi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas