Tribun

Virus Corona

Pentagon Perintahkan Vaksinasi Semua Personel Militer, Usai FDA Keluarkan Izin Vaksin Pfizer

Pentagon mengaku akan memperbaharui panduannya sendiri tentang vaksinasi virus corona (Covid-19) dan memerintahkan semua personel militer Amerika Seri

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Johnson Simanjuntak
Pentagon Perintahkan Vaksinasi Semua Personel Militer, Usai FDA Keluarkan Izin Vaksin Pfizer
PA
Tentara Amerika di Afghanistan 

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Pentagon mengaku akan memperbaharui panduannya sendiri tentang vaksinasi virus corona (Covid-19) dan memerintahkan semua personel militer Amerika Serikat (AS) untuk mengikuti program tersebut.

Hal ini setelah diumumkannya keputusan Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS yang sepenuhnya menyetujui penggunaan vaksin Pfizer.

Dikutip dari laman Russia Today, Selasa (24/8/2021), berbicara pada hari Senin kemarin, Juru bicara Departemen Pertahanan AS John Kirby mengatakan militer telah mengetahui keputusan FDA untuk sepenuhnya menyetujui penggunaan vaksin Pfizer pada orang di atas 16 tahun.

Sementara itu, mereka juga sedang bersiap untuk mengeluarkan panduan terbaru bagi semua personel.

"Kami akan bergerak maju membuat vaksinasi itu menjadi hal yang 'wajib', saat ini kami sedang mempersiapkan panduan untuk pasukan," kata Kirby.

Ia kemudian menambahkan bahwa jadwal yang tepat untuk pelaksanaan program vaksinasi bagi personel militer itu, saat ini masih sedang disusun.

Sebelumnya pada hari Senin kemarin, FDA AS mengumumkan bahwa vaksin Pfizer telah sepenuhnya disetujui untuk digunakan di AS.

Baca juga: Vaksin Pfizer Baru Didistribusikan di Jabodetabek, Kemenkes Siapkan Cold Chain di Seluruh Indonesia

Vaksinasi pun telah diberikan di bawah otorisasi persetujuan darurat sejak pertengahan Desember 2020.

FDA menekankan bahwa vaksin Pfizer akan mempertahankan otorisasi penggunaan daruratnya untuk menyasar para remaja serta mereka yang membutuhkan dosis ketiga (booster) karena faktor kondisi kesehatan lainnya.

Sebelumnya pada Agustus lalu, sekitar 65 persen personel militer yang bertugas aktif telah divaksinasi secara penuh, dibandingkan dengan sekitar 59 persen warga Amerika yang memenuhi syarat.

Menteri Pertahanan Lloyd Austin sebelumnya telah mendorong semua personel militer untuk divaksinasi.

"Untuk mempertahankan bangsa ini, kita membutuhkan kekuatan yang sehat dan siap. Saya sangat mendorong semua personel militer dan sipil DoD, serta personel kontraktor untuk divaksinasi sekarang, serta bagi anggota dinas militer untuk tidak menunggu mandat," kata Austin awal Agustus.

Di sisi lain, Presiden Joe Biden mengatakan bahwa dirinya mendukung langkah untuk memerintahkan vaksinasi bagi personel dinas militer AS.

Menurutnya, langkah ini harus dilakukan selambat-lambatnya pada pertengahan September mendatang.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas