Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KJRI Los Angeles Gandeng FBI Antisipasi Kejahatan Bermotif Kebencian pada WNI di California Selatan

Pentingnya kesadaran dan kewaspadaan WNI dalam menghadapi kejahatan bermotif kebencian terhadap warga keturunan Asia di Amerika.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in KJRI Los Angeles Gandeng FBI Antisipasi Kejahatan Bermotif Kebencian pada WNI di California Selatan
dok KJRI LA
KJRI Los Angeles (LA) bekerja sama dengan FBI mengadakan sosialisasi mengantisipasi kejahatan atas nama kebencian (hate crimes) yang marak terjadi selama setahun terakhir. 

TRIBUNNEWS.COM, LOS ANGELES – KJRI Los Angeles (LA) bekerja sama dengan FBI mengadakan sosialisasi mengantisipasi kejahatan atas nama kebencian (hate crimes) yang marak terjadi selama setahun terakhir.

Terutama untuk melindungi WNI dari kebencian terhadap warga keturunan Asia akibat dampak pandemi Covid-19

Konjen RI di Los Angeles, Saud P. Krisnawan menyampaikan pentingnya kesadaran dan kewaspadaan WNI dalam menghadapi kejahatan bermotif kebencian terhadap warga keturunan Asia di Amerika.

“Kemitraan antara komunitas Indonesia bersama FBI dan aparat hukum setempat menjadi kunci dalam pencegahan dan penanganan kasus hate crimes di kalangan komunitas Indonesia di wilayah kerja KJRI LA," kata Konjen RI dalam pernyataannya, Senin (6/9/2021).

Baca juga: Densus 88 Antiteror Polri Waspadai Gelombang WNI Pergi Ke Afghanistan Jadi Kombatan

Hate Crimes memiliki kategori yang lebih luas dari itu.

Hal ini mencakup kejahatan dengan motif anti terhadap suku, agama, ras dan golongan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Termasuk di dalamnya antara lain gerakan islamophobia, anti-semit, white supremacist, dan lain sebagainya.

BERITA TERKAIT

“Peningkatan kesadaran kepada masyarakat melalui pertemuan dengan aparat penegak hukum inilah yang dapat menjadikan komunitas Indonesia di wilayah kerja KJRI Los Angeles memiliki kewaspadaan yang tinggi,” lanjutnya.

Baca juga: Taliban Dikabarkan Datangi Rumah ke Rumah, Cari Warga Amerika di Afghanistan

Saat ini diperkirakan 60 ribu WNI yang tersebar di seluruh wilayah kerja KJRI LA.

Terdiri dari negara bagian Arizona, Colorado, Hawai, Utah, Nevada Selatan, California Selatan, termasuk wilayah teritori di kepulauan pasifik (Samoa, Guam dan Mariana Islands). 

Berdasarkan catatan aparat penegak hukum setempat dan KJRI LA, hingga saat ini belum ada WNI yang melaporkan menjadi korban hate crimes.

Menurutnya aparat keamanan sangat tergantung kepada laporan-laporan yang dimiliki komunitas-komunitas yang ada di dalam masyarakat, termasuk Komunitas Indonesia di Los Angeles dan sekitarnya.

FBI Los Angeles meminta agar komunitas Indonesia tidak ragu dan tidak takut melapor jika melihat kejadian yang diduga bermotif kebencian serta menjamin identitasnya akan dilindungi.

“Diharapkan kegiatan ini dapat menumbuhkan kepercayaan yang kuat kepada para penegak hukum untuk melaporkan segera kasus-kasus yang muncul di tengah-tengah masyarakat,” tutupnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas