Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Studi: Vaksin Covid-19 Pfizer Mencegah Keparahan Setidaknya Selama 6 Bulan

Vaksinasi menggunakan Pfizer efektif melawan penyakit Covid-19 yang parah, termasuk varian Delta selama setidaknya enam bulan.

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Studi: Vaksin Covid-19 Pfizer Mencegah Keparahan Setidaknya Selama 6 Bulan
Fred TANNEAU / AFP
(FILES) Dalam file foto yang diambil pada 31 Mei 2021, seorang perawat menyiapkan jarum suntik vaksin Pfizer-BioNtech Covid-19 di pusat vaksinasi, di Garlan, Prancis barat. 

TRIBUNNEWS.COM - Vaksinasi menggunakan Pfizer efektif melawan penyakit Covid-19 yang parah, termasuk varian Delta selama setidaknya enam bulan.

Dilansir CNA, studi analisis pasien AS yang diterbitkan di Lancet pada Senin (4/10/2021) ini mencoba mengukur efektivitas sebuah vaksin Covid-19 dari waktu ke waktu dalam pengaturan dunia nyata. 

Dari 3,4 juta warga California Selatan, sekitar sepertiga di antaranya sudah divaksinasi penuh menggunakan Pfizer antara Desember 2020 dan Agustus 2021.

Setelah 3 sampai 4 bulan, ditemukan 73% orang yang divaksinasi lengkap terlindungi dari infeksi.

Baca juga: Sambutan di Upacara HUT Ke-76 TNI, Presiden: Melawan Covid-19 Seperti Perang Berlarut-larut

Baca juga: Tahap ke-84, 800.200 Vaksin Pfizer Bantuan AS Tiba di Indonesia

Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada warga di Sentra Vaksinasi Covid-19 Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Nasional, di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (16/9/2021). Sentra vaksinasi Covid-19 dengan protokol kesehatan bagi pilar-pilar sosial, wartawan, mahasiswa, dan masyarakat umum berusia 12 tahun ke atas itu menyediakan tiga jenis vaksin sekaligus yaitu Pfizer, Sinovac, dan AstraZeneca, berlangsung dari tanggal 16 hingga 18 September 2021. Tribunnews/Jeprima
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada warga di Sentra Vaksinasi Covid-19 Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Nasional, di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (16/9/2021).  Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Lalu 90% terlindungi dari risiko rawat inap atau keparahan.

Sayangnya perlindungan terhadap varian Delta turun 40% dalam jangka waktu lima bulan.

Kendati demikian, perlindungan terhadap risiko rawat inap yang melibatkan semua kasus varian Covid-19 tetap tinggi selama penelitian.

BERITA TERKAIT

Hasilnya, catatan penelitian, konsisten dengan data awal dari otoritas kesehatan AS dan Israel.

Berkurangnya pertahanan terhadap infeksi "kemungkinan terutama disebabkan oleh berkurangnya efektivitas vaksin terhadap varian delta yang lolos dari perlindungan vaksin", demikian kesimpulan para penulis.

"Temuan kami menggarisbawahi pentingnya pemantauan efektivitas vaksin dari waktu ke waktu dan menyarankan bahwa dosis booster mungkin diperlukan untuk mengembalikan jumlah perlindungan awal yang tinggi yang diamati di awal program vaksinasi," kata studi ini.

Pada Agustus ini, AS mengesahkan dosis booster untuk orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Sementara di Prancis suntikan tambahan sebagai penguat vaksin Covid-19 ditawarkan kepada lansia.

Israel telah melangkah lebih jauh dengan membuat gagasan anak-anak berusia 12 tahun ke atas disuntik dosis ketiga, selang lima bulan setelah suntikan kedua.

Namun, laporan yang terbit pada September ini dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menemukan dosis vaksin saat ini cukup efektif melawan Covid-19 yang parah.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas