Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Joe Biden dan Xi Jinping Rencanakan Pertemuan Virtual demi Redam Ketegangan AS-China

Joe Biden dan Xi Jinping akan mengadakan pertemuan virtual yang dimaksudkan untuk menghentikan, atau setidaknya meredakan ketegangan hubungan AS-China

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Joe Biden dan Xi Jinping Rencanakan Pertemuan Virtual demi Redam Ketegangan AS-China
MANDEL NGAN, Anthony WALLACE / AFP
Kombinasi gambar file ini menunjukkan Presiden AS Joe Biden (kiri) berbicara di Gedung Kantor Eksekutif Eisenhower di Washington, DC pada 2 Juni 2021; dan Presiden China Xi Jinping berbicara setibanya di bandara internasional Makau pada 18 Desember 2019. 

TRIBUNNEWS.COM - Joe Biden dan Xi Jinping akan mengadakan pertemuan virtual pada hari Senin (15/11/2021) yang dimaksudkan untuk menghentikan, atau setidaknya meredakan ketegangan hubungan AS-China.

Dilansir The Guardian, kedua pemimpin itu telah berbicara dua kali melalui telepon sejak Joe Biden menjabat sebagai presiden pada Januari lalu.

Tetapi konferensi video kali ini akan dianggap sebagai diskusi paling substansial.

Beberapa hari sebelunya, kedua negara mengejutkan para analis dengan sepakat untuk meningkatkan kerja sama iklim di Glasgow.

Tetapi di saat bersamaan, gesekan atas Taiwan juga meningkat.

Reuters melaporkan bahwa menteri luar negeri China, Wang Yi, mengatakan kepada menteri luar negeri AS Antony Blinken bahwa segala bentuk dukungan untuk kemerdekaan Taiwan akan menjadi bumerang bagi AS.

Baca juga: Pemerintah Diminta Waspadai Pinjaman Utang China, Sudah ada Negara yang Terjebak

Baca juga: Resolusi Baru China, Presiden Xi Jinping Naik Status Setara Mao Zedong dan Deng Xiaoping

Presiden China Xi Jinping saat menjabat sebagai Wakil Presiden China, mengadakan pertemuan dengan Wakil Presiden AS Biden, pada 2011 lalu.
Presiden China Xi Jinping saat menjabat sebagai Wakil Presiden China, mengadakan pertemuan dengan Wakil Presiden AS Biden, pada 2011 lalu. (china-embassy.org)

Blinken pada akhirnya mengangkat kekhawatiran atas “tekanan militer, diplomatik, dan ekonomi” China yang tumbuh di wilayah itu.

BERITA TERKAIT

Tuduhan AS atas serangan siber berulang dari China, perpecahan mendalam atas hak asasi manusia di wilayah Xinjiang, Hong Kong dan Tibet, serta perselisihan perdagangan yang berkepanjangan juga berkontribusi terhadap memburuknya hubungan antara dua negara.

AS frustrasi oleh penghalangan China atas penyelidikan multilateral tentang asal usul pandemi Covid-19.

AS juga geram dengan tekanan pemerintah China pada perusahaan-perusahaan AS untuk melobi Kongres agar membatalkan undang-undang yang tidak disukai Beijing, seperti yang dilaporkan Reuters pada hari Jumat.

Selain masalah ekonomi, ekspansi militer China menjadi bahan pembicaraan.

Menurut AS, Beijing telah menguji senjata baru, peluncur hipersonik berkemampuan nuklir yang diluncurkan dari orbit, dan China dilaporkan sedang membangun setidaknya 250 silo baru untuk rudal jarak jauh.

Tidak banyak yang diharapkan setelah pertemuan virtual, menurut analis.

Kemungkinan tidak akan ada pernyataan bersama.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas