Tribun

Virus Corona

WHO: Lonjakan Covid-19 di Musim Dingin Dapat Membunuh 700 Ribu Orang di Eropa

Ini terjadi jika tindakan tidak segera diambil untuk menghentikan penyebaran virus corona (Covid-19).

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Malvyandie Haryadi
WHO: Lonjakan Covid-19 di Musim Dingin Dapat Membunuh 700 Ribu Orang di Eropa
Freepik
Ilustrasi virus corona 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JENEWA -  Kantor Regional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Eropa telah memperingatkan bahwa benua itu dapat mengalami hingga 700.000 kematian pada musim dingin ini.

Ini terjadi jika tindakan tidak segera diambil untuk menghentikan penyebaran virus corona (Covid-19).

Dikutip dari laman Sputnik News, Rabu (24/11/2021), dalam rilis yang dikeluarkan WHO Eropa, para pejabat mencatat bahwa kematian akibat Covid-19 telah meningkat menjadi 4.200 sehari.

Penyakit itu pun telah menjadi penyebab kematian nomor satu di 53 negara.

Angka kematian saat ini bahkan mencapai hampir dua kali lipat dari jumlah kematian harian yang terlihat pada September lalu.

Baca juga: WHO: Total Kematian Covid-19 di Eropa akan Melebihi 2,2 Juta pada Maret 2022

Wilayah Eropa secara resmi mencapai 1,5 juta kematian akibat Covid-19 dan WHO Eropa telah memperingatkan bahwa tren saat ini menunjukkan bahwa jumlahnya mungkin akan melonjak menjadi 2,2 juta kematian pada Maret 2022, jika tindakan tambahan tidak segera diambil.

WHO Eropa pun memperkirakan akan ada lonjakan tinggi atau ekstrem untuk pemakaian tempat tidur rumah sakit di 25 negara dan lonjakan ekstrem untuk unit perawatan intensif (ICU) di 49 dari 53 negara pada periode saat ini hingga Maret 2022.

Direktur Regional WHO untuk Eropa, Dr. Hans Henri P. Kluge mengatakan bahwa untuk hidup berdampingan dengan virus ini dan melanjutkan kehidupan sehari-hari, Eropa perlu mengambil pendekatan 'vaksin plus'.

"Ini berarti mendapatkan dosis vaksin standar, mengambil booster (dosis penguat) jika ditawarkan, serta memasukkan langkah-langkah pencegahan ke dalam rutinitas normal kita. Secara keseluruhan, mengenakan masker, mencuci tangan, ventilasi dalam ruangan, menjaga jarak fisik dan menutup hidung menggunakan siku saat bersin adalah cara yang sederhana dan efektif untuk mengendalikan virus," kata Dr. Kluge.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas