Tribun

Virus Corona

Pasangan Suami-istri Positif Covid-19 Minggat dari Karantina di Belanda dan Mencoba Lari ke Spanyol

Suami-istri ditangkap polisi militer Belanda saat akan terbang ke Spanyol, setelah minggat dari karantina bagi pendatang diduga terinfeksi Omicron

Editor: hasanah samhudi
Pasangan Suami-istri Positif Covid-19 Minggat dari Karantina di Belanda dan Mencoba Lari ke Spanyol
AFP
Seorang karyawan beres-beres di sebuah bar yang ditutup sebagai bagian dari tindakan pencegahan Covid-19 di Amsterdam, pada 28 November 2021. Setidaknya selama tiga minggu ke depan, tempat-tempat perhotelan dan budaya seperti kafe, museum, dan bioskop harus tutup pada 17.00 waktu setempat 

TRIBUNNEWS.COM, AMSTERDAM - Polisi militer Belanda menangkap sepasang suami-istri yang mencoba melarikan diri dari negeri itu setelah minggat dari hotel tempatnya di karantina karena dinyatakan positif Covid-19 dan dikhawatirkan dari varian Omicron.

“Mereka ditangkap di pesawat yang akan berangkat," kata polisi Kerajaan Belanda, yang dikenal sebagai Marechausse, dalam sebuah pernyataan, Minggu (28/11/2021) waktu setempat.

Dilansir dari USNews, surat kabar Amsterdam Het Parool melaporkan bahwa pasangan itu adalah  seorang pria Spanyol dan wanita Portugis, Mereka mencoba terbang ke Spanyol.

Sementara Russia Today menyebutkan, pihak militer Belanda mengonfirmasi bahwa insiden penangkapan yang dikatakan dramatis itu terjadi di Bandara Schiphol Amsterdam, Minggu (28/11/2021). Saat itu, pesawat akan berangkat ke Spanyol sekitar pukul 18.00 waktu setempat.

Identitas pasangan yang ditahan tidak dirilis, dan tidak jelas apakah mereka terinfeksi atau hanya ditahan di karantina sebagai tindakan pencegahan.

Baca juga: Belanda Catat 13 Kasus Varian Omicron dari Penerbangan Afrika Selatan

Baca juga: Belanda Deteksi 61 Kasus Covid dari Penerbangan Afrika Selatan, Beberapa di Antaranya Varian Omicron

Puluhan penumpang yang dites positif Covid-19 setelah tiba dengan dua penerbangan dari Afrika Selatan pada hari Jumat (26/11/2021) dikarantina di sebuah hotel dekat bandara Schiphol Amsterdam.

Pernyataan Marechausse mengatakan pasangan itu telah diserahkan ke otoritas kesehatan.

Secara keseluruhan, 61 dari lebih dari 600 penumpang dalam penerbangan dari Johannesburg dan Cape Town dinyatakan positif Covid-19.

Sebagian besar dikarantina di hotel, meskipun beberapa warga Belanda diizinkan untuk dikarantina di rumah.

Otoritas kesehatan Belanda mengatakan sebelumnya pada hari Minggu bahwa setidaknya 13 dari 61 terinfeksi itu ternyata dari varian virus Omicron yang baru diidentifikasi.

Baca juga: Protes Pembatasan Covid-19 Musim Dingin, Kerusuhan Melanda Eropa, dari Belanda hingga Austria

Baca juga: 5 Temuan Baru WHO soal Varian Omicron, Dokter di Afrika Selatan Ungkap soal Gejalanya

Halaman
12
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas