Tribun

Pengeluaran Rumah Tangga di Jepang Turun 0,6 Persen Dibandingkan Oktober 2020

Meskipun keadaan darurat Covid-19 telah dicabut, biaya makan di luar dan akomodasi terus menurun.

Editor: Dewi Agustina
Pengeluaran Rumah Tangga di Jepang Turun 0,6 Persen Dibandingkan Oktober 2020
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang di Kasumigaseki. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Jumlah pengeluaran oleh dua atau lebih orang dalam satu rumah tangga pada bulan Oktober turun 0,6 persen dari bulan yang sama tahun lalu.

Ini adalah penurunan bulan ketiga berturut-turut.

Meskipun keadaan darurat Covid-19 telah dicabut, biaya makan di luar dan akomodasi terus menurun.

Menurut survei rumah tangga bulan Oktober yang diumumkan oleh Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi pada tanggal 7 Desember, jumlah yang dikeluarkan oleh dua atau lebih rumah tangga adalah 280.199 yen per rumah tangga.

Secara riil, tidak termasuk fluktuasi harga, turun 0,6 persen dari bulan yang sama tahun lalu, penurunan tiga bulan berturut-turut.

Baca juga: Gaji Karyawan di Jepang Oktober 2021 Rata-rata Naik 0,2 Persen Dibandingkan Tahun Lalu

Pada bulan Oktober, jumlah orang yang terinfeksi virus corona menurun secara nasional, dan deklarasi darurat dicabut di semua prefektur, tetapi "makanan" termasuk biaya makanan seperti biaya minum turun 0,9 persen.

Selain itu, "hiburan pendidikan" termasuk akomodasi biaya dan harga paket perjalanan turun 5,4 persen sebagai tanggapan atas “GO TO Travel” tahun lalu.

Di sisi lain, “Transportasi/Komunikasi” meningkat 10,9% karena peningkatan kesempatan keluar dan peningkatan penggunaan kereta api jarak pendek.

Mengenai prospek masa depan, Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi mengatakan, "Meskipun ada tanda-tanda pemulihan dalam konsumsi, kami ingin memperhatikan dampak dari virus mutan baru strain Omicron."

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas