Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dubes Fadjroel Koordinasi dengan Kemlu Siapkan Contingency Plan Hadapi Situasi Darurat di Kazakhstan

Pemerintah juga telah Kazakhstan mengumumkan ‘State of Emergency’ atau keadaan darurat oleh Presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Dubes Fadjroel Koordinasi dengan Kemlu Siapkan Contingency Plan Hadapi Situasi Darurat di Kazakhstan
AFP
Prajurit Pasukan Lintas Udara Rusia, bagian dari pasukan penjaga perdamaian Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO), menaiki kendaraan pengangkut personel lapis baja ke lapangan terbang Chkalovsky sebelum terbang ke Kazakhstan, di Wilayah Moskow, Rusia. CSTO memutuskan untuk mengerahkan Pasukan Penjaga Perdamaian Kolektif ke Kazakhstan setelah permintaan yang relevan oleh Presiden Kazakh Kassym-Jomart Tokayev. Pasukan akan dikerahkan untuk jangka waktu terbatas untuk menstabilkan situasi di negara itu. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Duta Besar Indonesia untuk Kazakhstan merangkap Republik Tajikistan Fadjroel Rachman menyampaikan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk menyiapkan rencana mengahadapi situasi terkini di Kazakhstan.

"Pagi ini kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan menyiapkan semua rencana sampai ke tahap contingency plan (perencanaan kontinjensi) untuk mengahadapi situasi emergency," kata Fadjroel melalui video yang diterima Tribunnews.com, Jumat (7/1/2022).

Diketahui protes dan kerusuhan pecah di Kazakhstan pada Kamis (6/1/2022).

Pemerintah juga telah Kazakhstan mengumumkan ‘State of Emergency’ atau keadaan darurat oleh Presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev.

Baca juga: Kerusuhan di Kazakhstan, Dubes Fadjroel Pastikan 141 WNI dalam Kondisi Sehat dan Aman

Fadjroel juga memastikan bahwa saat ini 141 orang WNI di Kazakhstan dalam kondisi sehat dan aman.

"Ada 141 WNI di Republik Kazahstan dan ada 3 orang di Republik Tazikistan, sampai hari ini KBRI Nur Sultan menjamin dan memberitahukan kepada keluarga di Indonesia bahwa keadaan mereka sehat, aman dan KBRI Sultan siap melayani, melayani dan melayani mereka di dalam masa State of Emergency ini," ungkap Fadjroel.

BERITA TERKAIT

Fadjroel juga meminta kepasa seluruh masyarakat di Indonesia agar mendoakan para WNI di Kazakhstan dalam kondisi sehat dan aman dalam menghadapi situasi di negara tersebut.

"Doakan kami Kazakhstan, seluruh warga negara Indonesia mendoakan kami sehat dan selamat dan dapat melalui kondisi ini dengan sebaik-baiknya dan sesehat-sehatnya," kata Fadjoel.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas