Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Viral Video Keberanian Muslimah India Perjuangkan Jilbab, Muskaan Khan Jadi Simbol Perlawanan

Sebuah video yang memperlihatkan keberanian seorang wanita muslim di India viral di Internet. Dalam sebuah video yang viral, Muskaan Khan melawan.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Viral Video Keberanian Muslimah India Perjuangkan Jilbab, Muskaan Khan Jadi Simbol Perlawanan
AFP/DINESH RAYAPPANA MATT
Mahasiswa perguruan tinggi Pra-Universitas pemerintah di kota Kundapur yang mengenakan jilbab tiba di kampus mereka di distrik Udupi di negara bagian Karnataka, India, pada 7 Februari 2022. (Photo by Dinesh Rayappana Matt / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, KARNATAKA- Sebuah video yang memperlihatkan keberanian Muskaan Khan, seorang wanita muslim di India viral di Internet.

Dalam sebuah video yang viral, mahasiswi berusia 19 tahun itu terlihat berjalan memasuki kampusnya.

Dia berjalan persis di depan puluhan pria yang melakukan aksi demonstrasi menentang pemakaian hijab di kampus tempat Muskaan Khan belajar.

Tak gentar, wanita yang berjalan memakai hijab warna hitam itu melewati ratusan pria itu sambil berteriak.

Dikutip dari BBC, segerombolan pria itu mendekatinya. Mereka memegang selendang safron warna merah- para pria itu mereka mulai meneriakkan "Jai Shri Ram" atau "kemenangan bagi Dewa Ram".

Saat mereka terus mengejek , Muskaan Khan yang mengenakan jilbab dan masker warna hitam, berdiri dengan berani - dia berteriak "Allahu Akbar" (Tuhan Maha Besar) sebagai balasannya ejekan para pria tersebut.

Segera, otoritas perguruan tinggi yang berada dekat dengan kejadian tersebut menjaganya dan mengantarnya ke dalam kampus.

BERITA TERKAIT

Video itu telah viral di seluruh dunia.

"Yang saya inginkan hanyalah membela hak dan pendidikan saya," katanya kepada BBC di rumahnya di kota Mandya, negara bagian Karnataka, tempat video itu diambil.

"Saya tidak punya masalah dengan apa yang mereka kenakan," katanya, seraya menambahkan bahwa orang bisa memakai stola safron atau turban ke kampus, sama seperti dia juga bisa mengenakan jilbab ke kampus.

Muskaan Khan dan jutaan wanita Muslim di India mengenakan jilbab dan burka setiap hari.

Tetapi pilihannya berpakaian telah berubah, dianggap menjadi sesuatu yang kontroversial dalam beberapa pekan terakhir.

Itu dimulai ketika siswa di sebuah perguruan tinggi pra-universitas, setara dengan sekolah menengah, di distrik Udupi Karnataka mulai memprotes bulan lalu atas larangan jilbab.

Perguruan tinggi mengatakan siswa bisa mengenakan jilbab di kampus tetapi tidak di dalam kelas.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas