Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Update Krisis Ukraina: Beberapa Ledakan Terdengar di Donetsk, NATO Pindahkan Pejabat dari Ibu Kota

Berikut update ketegangan yang terjadi di Ukraina akibat kemungkinan invasi Rusia. Beberapa ledakan terdengar di sebuah kota di Ukraina bagian timur.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Update Krisis Ukraina: Beberapa Ledakan Terdengar di Donetsk, NATO Pindahkan Pejabat dari Ibu Kota
STR / ARMED FORCES OF UKRAINE / AFP
Gambar selebaran yang dirilis pada 19 Februari 2022 oleh layanan pers Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina di lokasi yang tidak diketahui di Ukraina menunjukkan tentara Ukraina mengambil bagian dalam latihan pada 18 Februari 2022. Berikut update ketegangan yang terjadi di Ukraina akibat kemungkinan invasi Rusia. Beberapa ledakan terdengar di sebuah kota di Ukraina bagian timur. 

TRIBUNNEWS.COM - Beberapa ledakan terdengar pada Sabtu (19/2/2022) malam dan Minggu pagi di pusat kota Donetsk yang dikuasai separatis di Ukraina timur, kata seorang wartawan Reuters.

Asal usul ledakan tidak jelas.

Belum ada komentar langsung dari otoritas separatis atau dari Kyiv.

Sementara itu, berikut perkembangan seputar krisis Ukraina lainnya seperti dilansir The Guardian.

Biden akan mengadakan rapat dewan keamanan nasional pada hari Minggu untuk membahas Ukraina

Joe Biden akan mengadakan pertemuan dewan keamanan nasional pada hari Minggu (20/2/2022) untuk membahas situasi di Ukraina, ujar sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki dalam sebuah pernyataan pada Sabtu malam.

Baca juga: Presiden AS Joe Biden Yakin Putin Akan Invasi Ukraina, Warga Sipil Mulai Diusir

Baca juga: Seperti Apa Perang Hibrida yang dikobarkan Rusia di Ukraina?

Gambar selebaran ini dirilis pada 19 Februari 2022 oleh layanan pers Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina di lokasi yang tidak diketahui di Ukraina menunjukkan prajurit Ukraina sebelum menembak dengan peluru kendali anti-tank portabel Swedia-Inggris NLAW yang dipindahkan ke unit sebagai bagian dari bantuan teknis militer Inggris, saat mereka mengambil bagian dalam latihan.
Gambar selebaran ini dirilis pada 19 Februari 2022 oleh layanan pers Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina di lokasi yang tidak diketahui di Ukraina menunjukkan prajurit Ukraina sebelum menembak dengan peluru kendali anti-tank portabel Swedia-Inggris NLAW yang dipindahkan ke unit sebagai bagian dari bantuan teknis militer Inggris, saat mereka mengambil bagian dalam latihan. (STR / ARMED FORCES OF UKRAINE / AFP)

Biden menerima pembaruan rutin dari tim keamanan nasionalnya tentang peristiwa di lapangan di Ukraina, di tengah meningkatnya laporan pelanggaran gencatan senjata pada hari Sabtu.

BERITA REKOMENDASI

Tim keamanannya menegaskan kembali bahwa Rusia dapat melancarkan serangan terhadap Ukraina kapan saja, kata Psaki.

NATO memindahkan staf Ukraina dari ibu kota untuk alasan keamanan

NATO memindahkan staf yang berbasis di ibukota Ukraina, Kyiv, ke Lviv di barat negara itu dan ke Brussels untuk alasan keamanan, menurut Reuters, mengutip seorang pejabat NATO.

Keputusan itu pertama kali dilaporkan oleh harian Norwegia VG.

"Keamanan personel kami adalah yang terpenting, jadi staf telah dipindahkan ke Lviv dan Brussels. Kantor NATO di Ukraina tetap beroperasi," ujar pejabat itu kepada Reuters, tanpa memberikan perkiraan orang dan posisi yang telah dipindahkan.

Langkah itu mengikuti keputusan oleh AS dan Inggris untuk merelokasi kedutaan Ukraina mereka dari Kyiv ke Lviv.

Beberapa negara lain juga telah memindahkan diplomat dan layanan keluar dari ibu kota.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas