Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Invasi Wilayah Ukraina, Ini Sederet Senjata Andalan Milik Rusia

Serangan Rusia terhadap Ukraina semakin meluas. Beragam teknologi hingga alat–alat canggih Rusia keluarkan demi menginvasi pertahanan Ukraina.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Sanusi
zoom-in Invasi Wilayah Ukraina, Ini Sederet Senjata Andalan Milik Rusia
AFP/DANIEL LEAL
Seorang pria membersihkan puing-puing di sebuah bangunan tempat tinggal yang rusak di Koshytsa Street, pinggiran ibukota Ukraina Kyiv, di mana sebuah peluru militer diduga menghantam, pada 25 Februari 2022. - Pasukan Rusia mencapai pinggiran Kyiv pada hari Jumat seperti yang dikatakan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pasukan penyerang menargetkan warga sipil dan ledakan terdengar di ibu kota yang terkepung. Ledakan sebelum fajar di Kyiv memicu hari kedua kekerasan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin menentang peringatan Barat untuk melancarkan invasi darat skala penuh dan serangan udara pada Kamis yang dengan cepat merenggut puluhan nyawa dan membuat sedikitnya 100.000 orang mengungsi. (Photo by Daniel LEAL / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM – Serangan Rusia terhadap Ukraina semakin meluas. Beragam teknologi hingga alat–alat canggih Rusia keluarkan demi menginvasi pertahanan Ukraina.

Beragam video singkat yang viral di berbagai jagad media sosial, memperlihatkan betapa canggihnya alat-alat besutan Rusia tersebut. Tak hanya serangan darat bahkan para tentara Rusia juga turut melancarkan serangan udara hingga laut ke wilayah Ukraina.

Baca juga: Manchester United Resmi Akhiri Kerja Sama dengan Maskapai Rusia Aeroflot

Mengutip dari The Washington Post, Rusia diketahui telah mempersenjatai anggota militernya dengan peralatan yang canggih. Berikut reporter tribunnews merangkum senjata canggih yang digunakan untuk Rusia untuk menyerang Ukraina.

Tank T-72

Berbahan lapis baja tank ini kabarnya diproduksi massal pada tahun 1968 lalu, namun kini tank tersebut telah mengalami upgrade ke versi B3. Dalam video yang beredar memperlihatkan bahwa tank tersebut digunakan Rusia untuk memperkuat posisinya di Glukhov bagian timur laut, dekat perbatasan Rusia.

Meski kabar burung mengatakan bawa tank tersebut kini telah dihancurkan rudal antitank Javelin milik AS, namun sejauh ini para pejabat Rusia belum memberikan tanggapannya mengenai apa yang telah terjadi.

BERITA TERKAIT

Jet Tempur Rusia Su-75

Dibuat menggunakan pesawat taktis ringan mesin tunggal bernama Checkmate. Pesawat canggih ini didesain khusus dengan perangkat lunak kecerdasan artifisial.

Diketahui dengan pesawat ini Rusia menjatuhkan amunisi seperti bom cluster atau fragmentasi untuk mengepung gudang amunisi milik Ukraina.

Orang-orang bersembunyi di tempat perlindungan bom di Kyiv pada dini hari tanggal 25 Februari 2022. - Pasukan Rusia yang menyerang menekan jauh ke Ukraina ketika pertempuran mematikan mencapai pinggiran Kyiv, dengan ledakan terdengar di ibukota Jumat pagi yang digambarkan oleh pemerintah yang terkepung sebagai
Orang-orang bersembunyi di tempat perlindungan bom di Kyiv pada dini hari tanggal 25 Februari 2022. - Pasukan Rusia yang menyerang menekan jauh ke Ukraina ketika pertempuran mematikan mencapai pinggiran Kyiv, dengan ledakan terdengar di ibukota Jumat pagi yang digambarkan oleh pemerintah yang terkepung sebagai " serangan roket yang mengerikan". Ledakan di Kyiv memicu hari kedua kekerasan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin menentang peringatan Barat untuk melancarkan invasi darat skala penuh dan serangan udara yang dengan cepat merenggut puluhan nyawa dan menelantarkan sedikitnya 100.000 orang. (Photo by Sergei CHUZAVKOV / AFP) (AFP/SERGEI CHUZAVKOV)

Rocket system

Melansir dari firstpost.com, roket ini merupakan rudal tak berawak. Dalam video yang beredar memperlihatkan roket Smerch yang dipasang di truk – truk milik Rusia telah menghantam pinggiran kota Kharkiv. Roket ini diklaim dapat menembakkan 12 roket hanya dalam waktu 38 detik.

Tak hanya itu untuk mendobrak pertahanan Ukraina, Rusia juga mengeluarkan roket 3M14 Kalibr. Subsonik 3M14 Kalibr diperkirakan memiliki jangkauan antara 930 hingga1.550 mil, dengan daya ledak mencapai 990 pon.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas