Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Delegasi Ukraina Tiba untuk Lanjutkan Negosiasi dengan Rusia di Belovezhskaya Pushcha

Delegasi Ukraina telah tiba menggunakan helikopter ke lokasi pembicaraan dengan Rusia di Belovezhskaya Pushcha, Belarus.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Delegasi Ukraina Tiba untuk Lanjutkan Negosiasi dengan Rusia di Belovezhskaya Pushcha
Daily Mail
Walikota pro-Rusia dari sebuah kota di Ukraina timur, Vlodymyr Struk, (foto) yang menyambut invasi Presiden Vladimir Putin 'ditembak mati' setelah diculik dari rumahnya. 

TRIBUNNEWS.COM, BREST - Delegasi Ukraina telah tiba menggunakan helikopter ke lokasi pembicaraan dengan Rusia di Belovezhskaya Pushcha, Belarus.

Sebelumnya pada Kamis kemarin, Kepala delegasi Rusia, Vladimir Medinsky mengatakan bahwa pembicaraan akan diadakan di Wilayah Brest di Belarusia, seperti yang telah direncanakan.

Dikutip dari laman Taas, Jumat (4/3/2022), para delegasi kedua negara diharapkan memulai negosiasi pada pukul 15.00 waktu Rusia.

Perlu diketahui, pada 28 Februari lalu, putaran pertama pembicaraan antara Rusia dengan Ukraina berlangsung di wilayah Gomel Belarus selama lima jam.

Saat itu delegasi Rusia dipimpin oleh pembantu Presiden Vladimir Putin, yakni Vladimir Medinsky.

Ia mengatakan bahwa delegasi Rusia siap untuk berbicara dengan pihak Ukraina selama diperlukan untuk mencapai kesepakatan.

Sebelumnya, delegasi Rusia dan Ukraina telah menyelesaikan perundingan putaran kedua terkait konflik yang kian memanas antara negara bertetangga ini.

BERITA TERKAIT

Kedua belah pihak memang gagal dalam mencapai kesepakatan tentang gencatan senjata atau mengakhiri operasi khusus Rusia di Ukraina, namun membuat 'kemajuan dalam masalah kemanusiaan'.

Baca juga: Warga Jerman Sambut Ribuan Pengungsi dari Ukraina, Sediakan Makanan hingga Tempat Tinggal

Kepala delegasi Rusia, Vladimir Medinsky mengatakan negaranya dan Ukraina telah merundingkan format koridor kemanusiaan untuk keluarnya warga sipil Ukraina dari kota-kota.

Mereka juga membahas mengenai prospek gencatan senjata sementara untuk wilayah di sekitar koridor kemanusiaan.

"Kami berhasil menemukan sisi 'saling pengertian' untuk beberapa (masalah yang diangkat selama pembicaraan), namun masalah utama yang diselesaikan hari ini adalah penyelamatan orang-orang, warga sipil, yang berada di zona bentrokan militer," kata Medinsky.

Sementara itu, anggota lainnya dari delegasi Rusia untuk negosiasi, Leonid Slutsky menyampaikan bahwa pemahaman tentang masalah tersebut telah tercapai, namun militer kedua belah pihak belum menentukan rinciannya.

Ia kemudian menambahkan, militer akan segera merundingkan pembentukan koridor kemanusiaan.

Kantor Sekjen Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Antonio Guterres mengatakan bahwa PBB juga akan membahas mekanisme koordinasi bantuan kemanusiaan ke Ukraina.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas