Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lebih dari 38.000 Orang Dievakuasi dari Ukraina Lewat Koridor Kemanusiaan per Kamis Kemarin

Lebih dari 38.000 orang telah berhasil dievakuasi dari Ukraina melalui koridor kemanusiaan yang terorganisir pada Kamis kemarin.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Lebih dari 38.000 Orang Dievakuasi dari Ukraina Lewat Koridor Kemanusiaan per Kamis Kemarin
AFP/LOUISA GOULIAMAKI
Pengungsi mengantre dalam cuaca dingin saat mereka menunggu untuk dipindahkan ke stasiun kereta api setelah melintasi perbatasan Ukraina ke Polandia, di perbatasan Medyka di Polandia, pada 7 Maret 2022. - Lebih dari 1,5 juta orang telah meninggalkan Ukraina sejak dimulainya invasi Rusia, menurut data terbaru PBB pada 6 Maret 2022. (Photo by Louisa GOULIAMAKI / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, KIEV - Lebih dari 38.000 orang telah berhasil dievakuasi dari Ukraina melalui koridor kemanusiaan yang terorganisir pada Kamis kemarin.

"Dengan upaya bersama, kami telah mengevakuasi lebih dari 38.000 orang, 16.000 orang dari wilayah Kiev, 20.000 dari wilayah Sumy, dan 2.000 dari Izium di wilayah Kharkiv," kata Wakil Kepala Kantor Presiden Kyrylo Tymoshenko dalam pidato videonya.

Baca juga: Yunani akan Tampung Sebagian Pengungsi Ukraina dari Polandia

Baca juga: UNICEF: Jumlah Pengungsi Anak dari Ukraina Lebih dari 1 Juta

Dikutip dari laman Ukrinform, Jumat (11/3/2022), ia mengingatkan bahwa evakuasi di semua jalur tidak dipungut biaya dan warga pun diimbau untuk mengabaikan tawaran transportasi berbayar yang provokatif.

Tymoshenko menambahkan bahwa pihak berwenang saat ini terus berupaya untuk mengatur evakuasi warga di daerah lain.

Bantuan kemanusiaan telah dikirimkan ke kota Enerhodar, wilayah Zaporizhzhia, dan kota Izium, wilayah Kharkiv.

Perlu diketahui, pada Kamis kemarin, koridor kemanusiaan dari Mariupol, Volnovakha, Izium, Sumy, Trostianets dan Krasnopillia, serta dari sejumlah kota dekat Kiev yakni Bucha, Borodianka, Irpin dan Hostomel telah dibuka.

Sumber: https://www.ukrinform.net/rubric-ato/3426089-more-than-38000-people-evacuated-through-humanitarian-corridors-today.html

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas