Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kecelakaan China Eastern Airlines Ciptakan Lubang Besar, Belum Ada Korban Selamat Ditemukan

Hingga Selasa (22/3/2022), belum ada korban selamat China Eastern Airlines yang ditemukan.

Penulis: Pravitri Retno Widyastuti
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Kecelakaan China Eastern Airlines Ciptakan Lubang Besar, Belum Ada Korban Selamat Ditemukan
AFP/-
Foto yang diambil pada 21 Maret 2022 ini menunjukkan pecahan puing pesawat penumpang China Eastern yang jatuh di lereng gunung di daerah Tengxian, kota Wuzhou, di wilayah Guangxi selatan China. - Sebuah jet penumpang China Eastern yang membawa 132 orang jatuh ke lereng gunung di China selatan pada 21 Maret menyebabkan kebakaran besar, tak lama setelah kehilangan kontak dengan kontrol lalu lintas udara dan jatuh ribuan meter hanya dalam tiga menit. (Photo by CNS / AFP) / China OUT 

TRIBUNNEWS.COM - Belum ada korban China Eastern Arlines selamat yang ditemukan saat pencarian lanjutan, Selasa (22/3/2022).

"Puing-puing pesawat ditemukan di tempat kejadian. Tapi, sampai sekarang tidak satu pun dari mereka yang kehilangan kontak, telah ditemukan," ujar penyiar CCTV pada Selasa pagi, 18 jam setelah kecelakaan itu, sebagaimana diberitakan CBS News.

Boeing 737-800, yang membawa 123 penumpang, jatuh di dekat kota Wuzhou di wilayah Guangxi usai lepas landas dari Kuming, di provinsi barat daya Yunnan, menuju Guangzhou.

Kecelakaan pesawat China Eastern Airlines ini memicu api yang cukup besar, seperti yang terlihat pada citra satelit NASA.

Kecelakaan ini menciptakan lubang yang dalam di lereng gunung, lapor kantor berita Xinhua, mengutip tim penyelamat.

Rekaman video detik-detik jatuhnya pesawat di China
Rekaman video detik-detik jatuhnya pesawat di China (Tangkap layar YouTube The Sun)

Baca juga: 132 Korban Pesawat China Eastern Airlines Belum Ditemukan, Tim Penyelamat Jelajahi Lereng Berhutan

Baca juga: Puing-puing Pesawat China Eastern yang Jatuh Sudah Dievakuasi Tapi 132 Penumpangnya Belum Ditemukan

Laporan itu mengatakan, drone dan pencarian manual akan dilakukan untuk menemukan kotak hitam, yang menyimpan data penerbangan dan perekam suara kokpit yang penting untuk investigasi kecelakaan.

Sebelum terjatuh, China Eastern Airlines dengan nomor penerbangan MU5735 melaju dengan kecepatan 455 knot di ketinggian sekitar 29.000 kaki, menurut data dari situs pelacakan penerbangan flightradar24.com.

BERITA TERKAIT

Pesawat itu kemudian jatuh ke ketinggian 7.400 kaki sebelum naik kembali sekitar 1.200 kaki, lalu terjun lagi.

Pesawat berhenti mengirimkan data 96 detik setelah mulai jatuh.

Menurut Administrasi Penerbangan Sipil China, pesawat itu membawa 123 penumpang dan sembilan awak.

Presiden China Xi Jinping pun menyerukan operasi penyelamatan "habis-habisan", serta penyelidikan atas kecelakaan itu dan meminta untuk memastikan keselamatan penerbangan sipil sepenuhnya.

Terdengar suara Ledakan

Foto yang diambil pada 21 Maret 2022 ini menunjukkan bagian dari puing-puing pesawat penumpang China Eastern yang jatuh di lereng gunung di daerah Tengxian, kota Wuzhou, di wilayah Guangxi selatan China.
Foto yang diambil pada 21 Maret 2022 ini menunjukkan bagian dari puing-puing pesawat penumpang China Eastern yang jatuh di lereng gunung di daerah Tengxian, kota Wuzhou, di wilayah Guangxi selatan China. (STR / AFP)

Si (64), seorang penduduk desa di dekat lokasi kecelakaan, mengatakan kepada Reuters ia mendengar seperti ledakan saat kecelakaan terjadi.

"Terdengar seperti guntur!" katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas