Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menlu AS: Kesepakatan Nuklir adalah Cara Terbaik Batasi Aktivitas Nuklir Iran

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan Washington akan bekerja sama dengan Israel untuk mencegah Iran mengembangkan senjata nuklir.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Menlu AS: Kesepakatan Nuklir adalah Cara Terbaik Batasi Aktivitas Nuklir Iran
AFP
(Kiri-Kanan) Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab Sheikh Abdullah bin Zayed al-Nahyan menghadiri konferensi pers bersama di Departemen Luar Negeri di Washington, pada Rabu (13/10/2021). 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan Washington akan bekerja sama dengan Israel untuk mencegah Iran mengembangkan senjata nuklir.

Saat bertemu dengan rekannya dari Isreal, Yair Lapid, Blinken mengakui adanya perbedaan dalam negosiasi dengan Teheran.

Dia menuturkan kepada wartawan bahwa Israel memiliki "ketidaksepakatan" dengan  Washington tentang kemungkinan menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015.

Dikutip Al Jazeera, Blinken menerangkan pemerintahan Presiden Joe Biden percaya memulihkan kesepakatan nuklir 2015 merupakan cara terbaik.

Sebelumnya, di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump, Amerika menarik diri dari perjanjian tersebut.

Baca juga: Kebakaran Hutan Terjadi di Sekitar Pembangkit Nuklir Chornobyl

Baca juga: Gara-gara Perang Rusia Vs Ukraina, Kini Jepang Mulai Berpikir Bangun Senjata Nuklir

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara kepada pers tentang perang di Ukraina, di Departemen Luar Negeri di Washington, DC, 17 Maret 2022. Blinken mengatakan Kamis bahwa Rusia tidak melakukan upaya serius dalam negosiasi dengan Ukraina untuk mengakhiri tiga minggu perang.
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara kepada pers tentang perang di Ukraina, di Departemen Luar Negeri di Washington, DC, 17 Maret 2022. Blinken mengatakan Kamis bahwa Rusia tidak melakukan upaya serius dalam negosiasi dengan Ukraina untuk mengakhiri tiga minggu perang. "Di satu sisi, kami memuji Ukraina karena berada di meja meskipun dibombardir setiap menit setiap hari," kata Blinken. “Pada saat yang sama, saya belum melihat upaya berarti oleh Rusia untuk mengakhiri perang ini melalui diplomasi.” (AFP)

Pemerintahan Biden bekerja keras memperbarui kesepakatan nuklir, yang dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA), yang membatasi program nuklir Iran dengan imbalan miliaran dolar dalam bantuan sanksi.

Sementara pemerintah Israel dengan tegas menentang ketentuan kesepakatan dan mengatakan bahwa mengaktifkan kembali kesepakatan awal tidak cukup untuk mengekang ancaman Iran.

BERITA REKOMENDASI

Tapi, Blinken berkata, “ketika sampai pada elemen yang paling penting, [Israel dan AS] saling berhadapan. Kami berdua berkomitmen, keduanya bertekad, bahwa Iran tidak akan pernah memperoleh senjata nuklir”.

Lapid mengatakan di tengah perbedaan dengan Washington, Israel tetap dalam "dialog terbuka dan jujur" dengan sekutu terdekatnya mengenai masalah nuklir Iran.

Baca juga: Korea Utara Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua Terbesarnya, Ingin Dunia Akui Kekuatan Nuklirnya

(Kiri-Kanan) Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken  dan Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab Sheikh Abdullah bin Zayed al-Nahyan menghadiri konferensi pers bersama di Departemen Luar Negeri di Washington, pada Rabu (13/10/2021).
(Kiri-Kanan) Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab Sheikh Abdullah bin Zayed al-Nahyan menghadiri konferensi pers bersama di Departemen Luar Negeri di Washington, pada Rabu (13/10/2021). (AFP)

Penggunaan sipil

Dilansir haaretz, Iran menegaskan program nuklirnya hanya untuk penggunaan sipil. 

Blinken membuat komentar sesaat sebelum bergabung dengan rekan-rekannya dari Israel dan empat negara Arab yang menjalin hubungan diplomatik dengan Israel pada 2020 dan kesepakatan nuklir diharapkan menjadi agenda utama.

Israel dan banyak tetangganya sangat menentang kesepakatan itu.

Mereka meyakini kesepakatan tersebut akan memperkaya Iran.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas