Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Berita Foto : Melihat Khusyuknya Ibadah Tanpa Jarak di Masjidil Haram

Umat muslim yang melakukan ibadah di Masjidil Haram dapat lebih khusyuk karena dihapuskannya aturan pembatasan Covid-19.

Penulis: Herudin
zoom-in Berita Foto : Melihat Khusyuknya Ibadah Tanpa Jarak di Masjidil Haram
AFP/ABDEL GHANI BASHIR
Umat Muslim berdoa di sekitar Ka'bah, tempat suci umat Islam, di kompleks Masjidil Haram di kota Saudi Mekah, pada hari pertama bulan puasa Ramadhan, pada 2 April 2022. (Photo by Abdel Ghani BASHIR / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, MEKKAH - Ibadah bulan Ramadan 1443 H di Masjidil Haram saat ini berbeda karena sudah dihapuskannya pembatasan terkait Covid-19, hal ini menambah khusyuk umat muslim yang beribadah.

Muslim berdoa di Masjidil Haram, dengan pemandangan Ka'bah, tempat suci umat Islam, di kota Mekah Arab Saudi pada hari pertama bulan puasa Ramadhan, pada 2 April 2022. (Photo by Abdel Ghani BASHIR / AFP)
Muslim berdoa di Masjidil Haram, dengan pemandangan Ka'bah, tempat suci umat Islam, di kota Mekah Arab Saudi pada hari pertama bulan puasa Ramadhan, pada 2 April 2022. (Photo by Abdel Ghani BASHIR / AFP) (AFP/ABDEL GHANI BASHIR)

Pemerintah Arab Saudi mengizinkan salat Tarawih tanpa jaga jarak di Masjidil Haram.

Umat ??Muslim berkumpul untuk sholat di Masjidil Haram di kota suci Mekah di Arab Saudi pada hari pertama bulan puasa Ramadhan, pada 2 April 2022. (Photo by Abdel Ghani BASHIR / AFP)
Umat  Muslim berkumpul untuk sholat di Masjidil Haram di kota suci Mekah di Arab Saudi pada hari pertama bulan puasa Ramadhan, pada 2 April 2022. (Photo by Abdel Ghani BASHIR / AFP) (AFP/ABDEL GHANI BASHIR)

Di hari pertama puasa, umat muslim memadati area sekitar Kabah, memanjatkan doa, tanpa perlu menjaga jarak sosial. Saudi memutuskan untuk mencabut aturan jaga jarak pada awal Maret lalu karena kasus Covid-19 di negara itu mulai reda.

Umat ??Muslim berdoa di Masjidil Haram di kota suci Mekkah Arab Saudi pada hari pertama bulan puasa Ramadhan, pada 2 April 2022. (Photo by Abdel Ghani BASHIR / AFP)
Umat Muslim berdoa di Masjidil Haram di kota suci Mekkah Arab Saudi pada hari pertama bulan puasa Ramadhan, pada 2 April 2022. (Photo by Abdel Ghani BASHIR / AFP) (AFP/ABDEL GHANI BASHIR)

Umat muslim yang melaksanakan umrah tak perlu lagi menjaga jarak. Selain itu, Saudi juga mengizinkan orang yang belum divaksin untuk mengikuti umrah dan berdoa di dua masjid suci.

Umat ??Muslim berdoa di Masjidil Haram di kota suci Mekkah Arab Saudi pada hari pertama bulan puasa Ramadhan, pada 2 April 2022. (Photo by Abdel Ghani BASHIR / AFP)
Umat Muslim berdoa di Masjidil Haram di kota suci Mekkah Arab Saudi pada hari pertama bulan puasa Ramadhan, pada 2 April 2022. (Photo by Abdel Ghani BASHIR / AFP) (AFP/ABDEL GHANI BASHIR)

Meski demikian, izin tersebut hanya berlaku bagi orang yang tidak terinfeksi Covid-19 dan tidak kontak dengan pasien positif.

Seorang pria Muslim merenungkan Ka'bah, tempat suci umat Islam, di kompleks Masjidil Haram di kota Saudi Mekah, menjelang sholat pada hari pertama bulan puasa Ramadhan, pada 2 April 2022. (Photo by Abdel Ghani BASHIR / AFP)
Seorang pria Muslim merenungkan Ka'bah, tempat suci umat Islam, di kompleks Masjidil Haram di kota Saudi Mekah, menjelang sholat pada hari pertama bulan puasa Ramadhan, pada 2 April 2022. (Photo by Abdel Ghani BASHIR / AFP) (AFP/ABDEL GHANI BASHIR)
Seorang wanita Muslim membaca Alquran menjelang sholat di Masjidil Haram di kota suci Mekah di Arab Saudi pada hari pertama bulan puasa Ramadhan, pada 2 April 2022.
 (Photo by Abdel Ghani BASHIR / AFP)
Seorang wanita Muslim membaca Alquran menjelang sholat di Masjidil Haram di kota suci Mekah di Arab Saudi pada hari pertama bulan puasa Ramadhan, pada 2 April 2022. (Photo by Abdel Ghani BASHIR / AFP) (AFP/ABDEL GHANI BASHIR)

Lihat foto lainnya klik di sini : Melihat khusyuknya ibadah tanpa jarak di masjidil haram

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas