Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pasukan Rusia Tangkap Andre Hill, Tentara Bayaran Inggris di Ukraina

Andrew Hill, warga negara Inggris ditangkap pasukan Rusia di wilayah Nikolaev yang terletak di barat daya Ukraina.

Penulis: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Pasukan Rusia Tangkap Andre Hill, Tentara Bayaran Inggris di Ukraina
Kolase Tribunnews
Dua tentara Inggris, Shaun Pinner dan Aiden Aslin, yang ditangkap pasukan Rusia saat berperang untuk Ukraina, meminta agar ditukar dengan sekutu Presiden Rusia Vladimir Putin yang ditahan Ukraina. 

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW – Seorang tentara bayaran Inggris yang bertempur di Ukraina meminta siapapun berpikir ulang sebelum pergi ke Ukraina.

Andrew Hill, warga negara Inggris ditangkap pasukan Rusia di wilayah Nikolaev yang terletak di barat daya Ukraina.

Kepalanya terluka, dan juga tangan kirinya harus digips dan digendong karena luka berat dalam pertempuran.

Kiev menyerukan orang asing datang ke Ukraina untuk bertempur melawan Rusia. Moskow percaya setidaknya 7.000 tentara bayaran dari lebih dari 60 negara menjawab panggilan tersebut.

Dalam video yang direkam Kementerian Pertahanan Rusia dan dipublikasikan, Andre Hill menyerukan siapapun tidak memenuhi panggilan pemerintah Kiev.

"Anda benar-benar harus memikirkannya," kata Andrew Hill dalam video yang dikutip Sputniknews.com, Sabtu (30/4/2022).

Baca juga: Rusia Rilis Daftar 100 Tentara Bayaran Asal Inggris yang Ikut Perang Membela Ukraina

Baca juga: Sederet Taktik Amerika demi Melihat Kekalahan Tentara Rusia di Perang Ukraina, Apa Saja?

Baca juga: Kanada Latih Tentara Ukraina Cara Gunakan Artileri Howitzer

Tidak jelas apakah Hill dalam posisi dipaksa membuat pernyataan itu atau sukarela.

BERITA REKOMENDASI

Dalam video tersebut, terlihat tangan kirinya dibalut perban dan tangan kanannya berlumuran darah.

Tentara bayaran itu mengatakan dia menerima pertolongan pertama dari tentara Rusia dan diyakinkan interogator dia akan menerima bantuan lebih lanjut.

Hidupnya pun diyakinkan tidak dalam bahaya. Warga Inggris itu mengatakan dia memasuki Ukraina melalui perbatasan Polandia, mungkin di dekat kota Rzeszow.

Dia bergabung sekelompok tujuh tentara bayaran lainnya, tetapi selain itu tidak bisa berkata banyak. Ia tidak banyak menerima  informasi, dan tidak tahu siapa yang memerintah mereka.

Hill juga mengatakan meskipun banyak janji akan dibayar untuk kehadirannya, tidak ada seorang pun dari kelompoknya yang pernah menerima uang dari Ukraina.

Warga negara Inggris itu memiliki empat anak dan seorang pasangan yang menunggunya di Inggris. Rusia tidak menjelaskan seberapa cepat Hill akan dipulangkan ke Inggris.

Perkembangan lain, Moskow menegaskan setiap senjata yang tiba di Ukraina dari barat adalah target sah bagi angkatan bersenjata Rusia.

Seorang tentara Rusia berpatroli di teater drama Mariupol, dibom 16 Maret lalu, pada 12 April 2022 di Mariupol, ketika pasukan Rusia mengintensifkan kampanye untuk merebut kota pelabuhan yang strategis, bagian dari serangan besar-besaran yang diantisipasi di Ukraina timur, sementara Presiden Rusia membuat kasus menantang untuk perang di tetangga Rusia. (Photo by Alexander NEMENOV / AFP)
Seorang tentara Rusia berpatroli di teater drama Mariupol, dibom 16 Maret lalu, pada 12 April 2022 di Mariupol, ketika pasukan Rusia mengintensifkan kampanye untuk merebut kota pelabuhan yang strategis, bagian dari serangan besar-besaran yang diantisipasi di Ukraina timur, sementara Presiden Rusia membuat kasus menantang untuk perang di tetangga Rusia. (Photo by Alexander NEMENOV / AFP) (AFP/ALEXANDER NEMENOV)
Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas