Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Besok 77 Pesawat dan Helikopter akan Terbang di Langit Moskow Tandai 'Hari Kemenangan' Rusia

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan "77 pesawat dan helikopter," akan dipamerkan di fly-past yang mewakili jumlah tahun sejak akhir PD II.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Besok 77 Pesawat dan Helikopter akan Terbang di Langit Moskow Tandai 'Hari Kemenangan' Rusia
Shamil Zhumatov/Reuters
Sebuah pesawat angkut militer Il-78 Rusia dan jet tempur MiG-29 terbang dalam formasi selama latihan di Moskow pada Sabtu 7 Mei 2022. 

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia telah memberikan rincian beberapa pesawat militer yang direncanakan untuk ambil bagian dalam pameran penerbangan di Lapangan Merah Moskow pada Senin (9/5/2022) untuk menandai "Hari Kemenangan."

Dikutip dari laman CNN, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan "77 pesawat dan helikopter," akan dipamerkan di fly-past yang mewakili jumlah tahun sejak akhir Perang Dunia II.

Menurut pernyataan kementerian yang dikeluarkan pada 28 April 2022, yang akan ditampilkan meliputi:

- Pembawa rudal strategis Tu-95MS

- Tu-160 'White Swan' dipasangkan dengan tanker udara Il-78

- Pesawat tempur MiG-29, Su-35S dan MiG-31

- Pesawat Su-57 generasi kelima terbaru

BERITA REKOMENDASI

- Pembom Tu-22M3 jarak jauh

- Pos komando lintas udara Il-80

- Helikopter Ka-52, Mi-28N, Mi-24, Mi-8

- dan helikopter pengangkut terbesar di dunia, Mi-26

Menggunakan bahasa yang disetujui Kremlin untuk menggambarkan invasi Rusia ke Ukraina, kementerian mengatakan, "Untuk pertama kalinya, delapan pesawat tempur MiG-29SMT akan terbang di atas Lapangan Merah dalam bentuk huruf "Z" untuk mendukung personel militer Rusia yang berpartisipasi dalam operasi militer khusus di Ukraina."

Baca juga: Rusia Siap Luncurkan Pesawat Hari Kiamat untuk Mengamanankan Putin

Bagian penerbangan dari parade secara tradisional akan ditutup dengan sembilan pesawat dari tim aerobatik 'Ksatria Rusia' dan 'Swifts' dalam formasi Cuban Diamond dan enam pesawat serang Su-25, yang akan mewarnai langit dengan warna Rusia, tiga warna," kata kementerian itu.

Beberapa konteks: 9 Mei, yang dikenal sebagai “Hari Kemenangan” di Rusia, memperingati peran Uni Soviet dalam mengalahkan Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.

Hari Kemenangan ditandai dengan parade militer di Moskow, dan para pemimpin Rusia secara tradisional berdiri di makam Vladimir Lenin di Lapangan Merah untuk merayakannya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas