Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kandidat Utama Presiden Filipina Rampungkan Kampanye, Bersiap untuk Pemilu 9 Mei

Kandidat utama pemilihan presiden Filipina telah menyelesakan hari terakhir kampanye mereka di depan ratusan ribu pendukung.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Kandidat Utama Presiden Filipina Rampungkan Kampanye, Bersiap untuk Pemilu 9 Mei
JAM STA ROSA / AFP
Foto yang diambil pada tanggal 7 Mei 2022 ini menunjukkan para pendukung kandidat presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr bersorak selama kampanye terakhir menjelang pemilihan 9 Mei, di Paranaque City, pinggiran kota Manila. 

TRIBUNNEWS.COM - Kandidat utama pemilihan presiden Filipina telah menyelesakan hari terakhir kampanye mereka pada Sabtu (7/5/2022).

Periode kampanye berlangsung selama 3 bulan sebelum akhirnya pemilihan dilaksanakan pada 9 Mei 2022.

Dilansir Bloomberg, ratusan ribu orang menghadiri kampanye terakhir Wakil Presiden Leni Robredo dan mantan Senator Ferdinand Marcos Jr.

Masing-masing pendukung kandidat menyebut kerumunan besar yang hadir sebagai "tanda kemenangan" di mana kedua pihak mengklaim peserta di acara mereka mencapai 1 juta orang.

"Kita akan menang selama kita tidak tidur pada hari Senin, kata Marcos Jr (64) kepada para pendukungnya, mengisyaratkan bahwa kecurangan pemilu terjadi pada malam hari.

Ia mengulangi pidato khasnya tentang persatuan selama akhir rapat umum yang diadakan di depan kasino di Paranaque City, Manila.

Sementara itu Leni Robredo (57), yang merupakan calon presiden perempuan satu-satunya, berbicara visinya tentang negara di mana tidak ada orang yang kelaparan, ada jaringan transportasi yang efisien dan sistem peradilan yang berjalan.

Baca juga: Putra Diktator Filipina Ferdinand Marcos Diprediksi Menangkan Pilpres, Ini Artinya bagi AS dan China

Wakil Presiden Filipina dan calon presiden Leni Robredo (tengah) menyapa para pendukung selama kampanye terakhirnya di distrik bisnis Makati di pinggiran kota Manila, 7 Mei 2022.
Wakil Presiden Filipina dan calon presiden Leni Robredo (tengah) menyapa para pendukung selama kampanye terakhirnya di distrik bisnis Makati di pinggiran kota Manila, 7 Mei 2022. (CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)
BERITA TERKAIT

Ia kemudian meminta pendukungnya untuk tidak kehilangan harapan.

"Percayalah bahwa di akhir semua keringat, waktu dan pengorbanan, ada kemenangan yang menunggu kita," katanya dalam pidatonya di distrik keuangan Makati.

Robredo dan Marcos Jr pernah bersaing dalam pemilihan wakil presiden 2016 lalu.

Robredo akhirnya menang dengan selisih tipis sekitar 260.000 suara.

Sebuah jajak pendapat baru-baru ini dari Pulse Asia menunjukkan Marcos Jr menjadi calon presiden terdepan dengan 56% suara, dengan Robredo berada di urutan kedua dengan 23%.

Selain Marcos Jr dan Robredo, kandidat presiden lainnya seperti Walikota Manila Isko Moreno, membuat dorongan terakhirnya untuk menjadi presiden di Tondo, Manila pada hari Sabtu.

Pada hari Jumat, petinju yang menjadi politisi Manny Pacquiao mengadakan kampanye terakhirnya di kota kelahirannya General Santos City di Mindanao.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas