Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kanada Selidiki Hubungan Hepatitis Akut di Wilayahnya dengan Negara Lainnya

Kanada belum memberikan informasi secara spesifik tentang berapa banyak kasus hepatitis akut yang sedang diselidiki di seluruh wilayah negara itu.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Kanada Selidiki Hubungan Hepatitis Akut di Wilayahnya dengan Negara Lainnya
The Quint
Penyebab munculnya penyakit hepatitis akut seperti terjadi di sejumlah negara, termasuk Indonesia hingga kini masih misterius. Di Amerika Serikat, telah dilakukan identifikasi terhadap 5 pasien anak dengan hepatitis (radang hati) yang tidak diketahui penyebabnya di sebuah rumah sakit di Alabama pada Oktober 2021. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, OTTAWA - Badan Kesehatan Masyarakat Kanada belum memberikan informasi secara spesifik tentang berapa banyak kasus hepatitis akut yang sedang diselidiki di seluruh wilayah negara itu.

Penyelidikan ini dilakukan untuk menentukan apakah temuan tersebut terkait dengan kasus hepatitis akut yang tidak diketahui penyebabnya di tempat lainnya.

Sementara itu negara lain saat ini telah mempublikasikan semakin banyak kasus yang berpotensi terhubung.

Dikutip dari laman CBC News, Rabu (11/5/2022), ratusan penyelidikan pun kini sedang berlangsung secara global untuk menentukan akar penyebab munculnya penyakit hati yang tidak dapat di ketahui penyebabnya dan menyerang kelompok anak-anak ini.

Baca juga: Dunia Dikejutkan oleh Hepatitis Akut, Dokter Singapura: Orang Tua Tak Perlu Khawatir Berlebihan

Sebelumnya pada Jumat lalu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki 109 kasus yang ditemukan di berbagai negara bagian, untuk menentukan kemungkinan adanya kaitan.

14 persen dari kasus itu bahkan membutuhkan transplantasi hati, sedangkan 5 pasien meninggal karena penyakit ini.

Baca juga: WHO: Sebagian Kasus Hepatitis Akut Pada Anak Tidak Tunjukkan Gejala Demam

BERITA TERKAIT

Perlu diketahui, hepatitis yang mengacu pada peradangan hati ini jarang terjadi pada anak-anak.

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh keluarga virus hepatitis, namun juga dapat dipicu oleh penggunaan alkohol, paparan racun atau patogen lainnya.

Baca juga: Penyebab Hepatitis Akut Masih Misterius, Lima Anak Teridentifikasi Mengalami Gagal Hati

Kasus-kasus yang diidentifikasi oleh pejabat kesehatan di seluruh dunia dalam beberapa bulan terakhir tampaknya tidak memiliki penyebab yang biasa dialami pasien hepatitis pada umumnya.

Sebaliknya, para peneliti justru tengah menyelidiki teori lain, termasuk hubungan dengan infeksi dari adenovirus dan SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan penyakit virus corona (Covid-19).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas