Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anjing Peliharaan Disebut Sumber Penyakit Hepatitis Akut pada Anak, Ini Penjelasan Ahli

Namun Ahli Imunologi Komparatif, Profesor Mick Bailey dari University of Bristol mengatakan bahwa kesimpulan seperti itu masih terlalu 'prematur'.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Anjing Peliharaan Disebut Sumber Penyakit Hepatitis Akut pada Anak, Ini Penjelasan Ahli
Surya/Ahmad Zaimul Haq
FOTO Ilustrais uji laboratorium. 

TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Penyakit Hepatitis akut misterius yang belum diketahui penyebabnya menyerang kelompok anak-anak di beberapa negara.

Penyakit ini diyakini pertama kali muncul di Inggris dan dikaitkan dengan hewan peliharaan seperti anjing.

Namun Ahli Imunologi Komparatif, Profesor Mick Bailey dari University of Bristol mengatakan bahwa kesimpulan seperti itu masih terlalu prematur.

Hingga pekan lalu, Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) telah melaporkan total 176 kasus hepatitis akut atau peradangan hati pada anak-anak Inggris, sebagian besar berusia di bawah 10 tahun.

Dikutip dari laman The Express, Rabu (18/5/2022), hingga saat ini sebagian besar atau 128 kasus berasal dari Inggris, dengan 26 dilaporkan di Skotlandia, 13 di Wales dan 9 dari Northern Island.

Baca juga: Kasusnya Masih Misterius, Waspadai Hepatitis B pada Anak, Kenali Gejala dan Pengobatannya

Kendati demikian, virus yang biasanya berada di balik munculnya kondisi peradangan hati yakni virus Hepatitis A, B, C, D dan E belum terdeteksi dalam kasus ini.

Meskipun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah melaporkan bahwa banyak kasus global tampaknya memiliki infeksi Adenovirus.

BERITA TERKAIT

Perlu diketahui, Adenovirus adalah keluarga besar dari sekitar 50 virus yang diketahui menyebabkan berbagai macam penyakit, mulai dari flu biasa, konjungtivitis, gastroenteritis, infeksi kandung kemih hingga penyakit multi-organ yang mengancam jiwa pada mereka yang rentan secara klinis.

UKHSA menegaskan bahwa mereka terus menyelidiki kemungkinan penyebabnya dan akan secara teratur menerbitkan pembaharuan teknis.

Dalam makalah yang diterbitkan  baru-baru ini, UKHSA mencatat bahwa ada jumlah yang relatif tinggi dari keluarga pemilik anjing atau paparan anjing lain dalam kasus ini.

Secara khusus, anak-anak yang 'terpapar' anjing peliharaan di Inggris berada pada angka 70 persen dari kasus yang diteliti.

"Pentingnya temuan ini sedang dieksplorasi, karena kepemilikan anjing peliharaan adalah hal biasa di Inggris," kata UKHSA.

Sementara itu Profesor Bailey menyampaikan bahwa fakta terakhir ini kemungkinan besar tidak perlu dikhawatirkan.

Seperti yang ia tulis dalam Percakapan: '33 persen rumah tangga di Inggris memiliki anjing'.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas