Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rusia Kembali Hujani Kyiv Dengan Rudal Berpresisi Tinggi, Ternyata Ini yang Diincar Putin

Beberapa ledakan terdengar di sekitar pinggiran timur Kyiv Darnytskyi dan Dniprovskyi pada Minggu pagi, melukai satu orang. Pemogokan mewakili p

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Rusia Kembali Hujani Kyiv Dengan Rudal Berpresisi Tinggi, Ternyata Ini yang Diincar Putin
AFP/NICOLAS GARCIA
Pemandangan udara yang diambil pada 6 April 2022 ini menunjukkan bangunan tempat tinggal yang hancur di kota Borodianka, barat laut Kyiv, pada 6 April 2022, selama invasi militer Rusia diluncurkan ke Ukraina. - Mundurnya Rusia minggu lalu telah meninggalkan petunjuk tentang pertempuran yang dilancarkan untuk menguasai Borodianka, hanya 50 kilometer (30 mil) barat laut ibukota Ukraina, Kyiv. (Photo by NICOLAS GARCIA / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM -- Rusia meluncurkan serangan udara di Kyiv untuk pertama kalinya dalam lima minggu pada hari Minggu, mengklaim telah menghancurkan tank yang dipasok barat – sementara presiden Rusia, Vladimir Putin, memperingatkan lebih banyak target akan diserang jika pengiriman senjata berlanjut.

Beberapa ledakan terdengar di sekitar pinggiran timur Kyiv Darnytskyi dan Dniprovskyi pada Minggu pagi, melukai satu orang. Pemogokan mewakili perubahan taktik di pihak pasukan penyerang.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan serangan itu telah menghancurkan tank T-72 yang telah diberikan ke Ukraina oleh negara-negara Eropa yang disimpan di gedung-gedung bisnis perbaikan mobil, meskipun klaim tersebut tidak dapat segera diverifikasi.

Baca juga: Baru Masuk ke Kyiv, Tank T-72 Pasokan Negara Eropa Timur Langsung Dihajar Rudal Rusia

Walikota Kyiv, Vitali Klitschko, mengatakan "satu korban dirawat di rumah sakit" dalam insiden itu. Sergei Leshchenko, anggota dewan pengawas perusahaan kereta api Ukraina, menambahkan bahwa fasilitasnya telah diserang.

Itu adalah serangan bom pertama di setiap bagian ibukota sejak akhir April dan tampaknya mewakili upaya untuk menyerang jalur pasokan dari Kyiv ke timur, di mana kedua belah pihak terlibat pertempuran sengit untuk menguasai Donbas.

Mungkin menandakan pendekatan baru, Putin mengatakan kepada televisi pemerintah Rossiya bahwa Rusia akan mencapai target baru di Ukraina jika AS mengirimkan roket jarak jauh yang telah dijanjikan ke Kyiv pekan lalu.

Jika rudal tersebut dipasok, “kami akan menyerang target yang belum kami pukul”, kata Putin, yang diyakini terlibat erat dalam pengambilan keputusan militer.

Baca juga: Zelensky Sebut Serangan Rusia Hancurkan 113 Gereja Sejak Awal Invasi

BERITA TERKAIT

Pemimpin Rusia itu tidak merinci apa yang akan diserang, meskipun titik logistik akan menjadi salah satu target yang paling logis.

Rusia telah dibuat jengkel oleh keputusan AS untuk memasok Ukraina dengan sistem roket multi-peluncuran truk Himars, dengan rudal yang memiliki jangkauan sekitar 20 hingga 40 mil, lebih besar dari apa pun yang ada di gudang senjata Kyiv.

“Semua keributan seputar pengiriman senjata tambahan ini, menurut pendapat saya, hanya memiliki satu tujuan: untuk menyeret konflik bersenjata sebanyak mungkin,” kata Putin dalam wawancara TV-nya.

Ukraina dan Barat percaya roket dapat membantu Kyiv mencegah pasukan Rusia berkumpul di belakang garis depan untuk serangan di masa depan, tetapi Putin berpendapat itu tidak akan membawa perubahan signifikan pada keseimbangan militer.

Baca juga: Putin Persilakan Ukraina Ekspor Gandum Lewat Pelabuhan Yang Telah Dikuasai Rusia

“Kami memahami bahwa pasokan [sistem roket canggih] dari Amerika Serikat dan beberapa negara lain dimaksudkan untuk menebus kerugian peralatan militer ini,” kata Putin.

“Ini bukan hal baru. Itu tidak mengubah apa pun pada dasarnya. ”

Perusahaan energi nuklir Ukraina Energoatom juga memperingatkan bahwa rudal jelajah Rusia telah datang sangat dekat dengan pembangkit listrik tenaga nuklir Pivdennoukrainsk, di selatan negara itu, sekitar pukul 5.30 pagi, tampaknya menuju Kyiv.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas