Tribun

Perkuat Militer Taiwan, Amerika Setujui Penjualan Suku Cadang Kapal Perang Senilai 120 Juta Dolar AS

Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan Amerika Serikat (AS), mengumumkan penjualan suku cadang kapal perangnya kepada angkatan laut militer Taiwan

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Perkuat Militer Taiwan, Amerika Setujui Penjualan Suku Cadang Kapal Perang Senilai 120 Juta Dolar AS
the straits times
Perkuat Militer Taiwan, Amerika Setujui Penjualan Suku Cadang Kapal Perang Senilai 120 Juta Dolar AS 

Laporan Wartawan Tribunnews, Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan Amerika Serikat (AS), mengumumkan penjualan suku cadang kapal perangnya kepada angkatan laut militer Taiwan.

Dilansir dari Reuters, suku cadang ini dijual AS seharga 120 Juta Dolar AS atau senilai Rp1,7 triliun (Dengan satuan USD Rp 14,552). Penjualan tersebut dimaksudkan AS untuk membantu kesiapan angkatan tempur Taiwan dalam menghadapi ancaman China.

Mengingat dalam beberapa bulan terakhir kapal perang China kerap melakukan aktivitas yang dapat mengancam keamanan laut dan udara Taiwan, dengan tujuan untuk menekan Taipei agar mau bergabung dalam kedaulatan China.

Baca juga: China: AS Akan Bayar Harga Yang Tak Tertahankan, Jika Salah Langkah Soal Taiwan

"Penjualan yang diusulkan akan berkontribusi pada keberlanjutan armada kapal permukaan penerima, meningkatkan kemampuannya untuk menghadapi ancaman saat ini dan masa depan," kata Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan AS.

Melalui persetujuan dari Departemen Luar Negeri AS dan Kedutaan Besar de facto Taiwan di Washington, nantinya pemerintah dan kontraktor AS tak hanya memberikan Taiwan suku cadang kapal saja, namun juga bantuan perbaikan alat perang diluar kapal serta bantuan teknis logistik lainnya.

Menurut siaran pers yang disampaikan kementerian pertahanan Taiwan pada Kamis (9/6/2022), pihaknya menyebut bahwa penyerahan bantuan ini akan dilaksanakan Washington secara bertahap selama satu bulan kedepan.

Dengan adanya dukungan senjata dan suku cadang dari AS, Taiwan yakin bahwa angkatan militernya dapat kembali menguat sehingga negaranya bisa melindungi diri dari ancaman dan tekanan yang diberikan Beijing.

Baca juga: Presiden AS Joe Biden di Jepang: Jika Taiwan Diserang, AS akan Kerahkan Militer

“Suku cadang kapal yang telah disetujui oleh Amerika Serikat untuk dijual akan membantu memelihara peralatan dan konsumsi yang layak dari kapal angkatan laut kita dan memenuhi kebutuhan pertempuran yang sebenarnya," jelas kementerian pertahanan Taiwan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas