Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tingkatkan Pendapatan di Tengah Invasi, Ukraina Mulai Ekspor Listrik ke Sejumlah Negara Eropa

Pemerintah Ukraina dikabarkan tengah menjajaki strategi baru untuk meningkatkan pendapatan pada proyek pembangkit listrik.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Tingkatkan Pendapatan di Tengah Invasi, Ukraina Mulai Ekspor Listrik ke Sejumlah Negara Eropa
Andrey BORODULIN / AFP
Pemandangan dari udara menunjukkan kota Kherson pada 20 Mei 2022, di tengah aksi militer Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina. Tingkatkan Pendapatan di Tengah Invasi, Ukraina Mulai Ekspor Listrik ke Sejumlah Negara Eropa 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, WARSAW – Pemerintah Ukraina dikabarkan tengah menjajaki strategi baru untuk meningkatkan pendapatan pada proyek pembangkit listrik.

Hal tersebut direalisasikan dengan melakukan kegiatan ekspor energi listrik tenaga nuklir di beberapa negara Eropa yaitu Slovakia dan Hongaria.

Meski Ukraina tak menyebut berapa banyak pasokan listriknya yang akan di transfer ke Slovakia dan Hongaria, namun menurut informasi yang dikutip dari Reuters kegiatan perdagangan ini akan mulai dilakukan Ukraina pada bulan Juni 2022.

Baca juga: Petinggi NATO: Perang Rusia Vs Ukraina Bisa Bertahun-tahun, Kita Harus Siap




Setelah sebelumnya pada 16 Maret lalu, Uni Eropa dan Ukraina telah menghubungkan jaringan listrik mereka.

"Volume ekspor akan meningkat secara bertahap ke tingkat yang memungkinkan Ukraina memperoleh miliaran euro per tahun. Kita berbicara tentang jumlah yang sebanding dengan hasil dari transit gas melalui Ukraina," kata Volodymyr Kudrytsky, kepala operator jaringan listrik Ukraina Ukrenergo.

Meskipun pasokan listrik tenaga nuklir Ukraina tak sebesar Rusia, namun melalui beberapa pusat pembangkit listrik yang ada di Ukraina salah satunya nuklir Zaporizhzhia. Ukraina berhasil menduduki nominasi 10 pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di dunia.

Dimana dengan enam reaktor yang masing-masing memiliki kapasitas bersih 950 megawatt, pembangkit itu dapat memasok energi ke hampir 4 juta rumah tangga dengan total produksi listrik 5.700 megawatt.

Dalam melangsungkan kerjasama ini nantinya Ukraina akan menggandeng operator jaringan listrik Eropa Kontinental ENTSO-E, namun menurut perdagangan listrik Ukraina kegiatan ekspor ini baru akan dimulai setelah pemerintah di Kyiv menyetujui penuh kegiatan ekspor tersebut.

Baca juga: Beri Dukungan ke Zelensky, PM Inggris Boris Johnson Yakin Ukraina Bisa Menang Lawan Rusia

Selain memasok kebutuhan listrik Slovakia dan Hongaria, pemerintah Ukraina saat ini juga tengah menghubungkan Rzeszow di Polandia dengan pembangkit listrik tenaga nuklir Khmelnytsky di Ukraina.

Rencananya setelah pembangkit ini mulai dioperasikan pada akhir tahun 2022, Ukraina dapat memasok kebutuhan energi listrik Polandia sekitar 1.000 megawatt per hari.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas