Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Meja Panjang Menghilang, Viral Foto Putin Terima Sejumlah Pimpinan Negara Berbeda Saat dengan Jokowi

Waktu Putin berbincang Presiden Jokowi, keduanya hanya dibatasi sebuah meja kecil berukuran kotak yang di atasnya ada vas bunga sebagai pemanis.

Editor: Wahyu Aji
zoom-in Meja Panjang Menghilang, Viral Foto Putin Terima Sejumlah Pimpinan Negara Berbeda Saat dengan Jokowi
Istimewa
Viral foto perbandingan Presiden Rusia Vladimir Putin terima sejumlah pimpinan negara. Saat berbincang dengan Presiden Joko Widodo, meja panjang itu menghilang. 

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW - Foto sebuah meja panjang yang digunakan Presiden Rusia Vladimir Putin viral setelah dipakai dalam pertemuan dengan sejumlah pimpinan negara.

Mereka yang bertemu putin diantaranya Presiden Iran Ebrahim Raisi (19/1/2022), Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban (1/2/2022), Presiden Perancis Emmanuel Macron (7/2/2022), dan Kanselir Jerman Olaf Scholz (15/2/2022).

Waktu Putin berbincang Presiden Jokowi, keduanya hanya dibatasi sebuah meja kecil berukuran kotak yang di atasnya ada vas bunga sebagai pemanis.

Lalu, kenapa saat Jokowi bertemu Putin tidak dijamu dengan meja panjang?

Alasan Putin Pakai Meja Panjang

Saat bertemu Macron, Putin menggunakan meja panjang karena Presiden Perancis itu enggan melakukan tes PCR Covid-19 yang disyaratkan oleh Rusia.

Macron beralasan, ia menolak tes Covid karena khawatir Rusia dapat menggunakan DNA-nya, mengutip pemberitahuan dari dua sumber yang dekat dengan dia.

Baca juga: Beda Gaya Jokowi saat Bertemu Vladimir Putin dan Zelensky

BERITA REKOMENDASI

Kemudian, pejabat Perancis lainnya berkata kepada Reuters bahwa meja panjang Putin digunakan demi keamanan Presiden Rusia itu yang menerapkan protokol kesehatan ketat.

Alasan ketika menjamu Kanselir Jerman Olaf Scholz juga sama, yaitu karena penerus Angela Merkel tersebut menolak tes PCR Covid-19 oleh Rusia.

Namun, saat bertemu dengan menterinya sendiri pun Putin tetap duduk berjauhan walau tidak menggunakan meja panjang tadi.

Saat berdialog tatap muka dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada 11 April 2022, Putin duduk di ujung meja panjang lainnya yang berwarna coklat.

Tindakan Putin disinyalir karena Lavrov baru saja bertemu Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truzz pada 10 Februari di Moskwa, yaitu sepuluh hari setelah Truss dinyatakan positif Covid-19.

Media Rusia melaporkan bahwa Jokowi telah bertemu dengan Putin untuk membahas isu global, konflik Rusia-Ukraina, serta KTT G20.
Media Rusia melaporkan bahwa Jokowi telah bertemu dengan Putin untuk membahas isu global, konflik Rusia-Ukraina, serta KTT G20. (Sputnik News)

Adapun meja panjang Putin mulai viral fotonya sejak pertemuan dengan PM Hongaria Viktor Orban.

Menurut spekulasi The Guardian, penyebab memakai meja panjang adalah karena Orban tidak melakukan karantina sebelum bertemu Putin, padahal itu adalah syarat wajib untuk menemui sang Presiden Rusia. Putin dikenal paranoid tentang Covid-19.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas