Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sejuta Tentara Ukraina Disiapkan Rebut Wilayah Selatan Dari Rusia, 10.000 Dilatih di Inggris

Ukraina mengklaim telah menghimpun sejuta tentara untuk merebut kembali wilayah selatannya yang telah dicaplok Rusia.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Sejuta Tentara Ukraina Disiapkan Rebut Wilayah Selatan Dari Rusia, 10.000 Dilatih di Inggris
AFP/STR
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (tengah) berjalan di kota Bucha, barat laut ibukota Ukraina, Kyiv. Sejuta serdadu tersebut telah disiapkan merebut daerah-daerah seperti Donetsk, Melitopol dan Kherson yang kini telah jatuh ke tangan Vladimir Putin. 

TRIBUNNEWS.COM – Ukraina mengklaim telah menghimpun sejuta tentara untuk merebut kembali wilayah selatannya yang telah dicaplok Rusia.

Menteri pertahanan Ukraina, Alexey Reznikov menegaskan, sejuta serdadu tersebut telah disiapkan merebut daerah-daerah seperti wilayah Donbas, Donetsk, Melitopol dan Kherson yang kini telah jatuh ke tangan Vladimir Putin.

Kepada The Times, Alexey Reznikov mengatakan, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah memerintahkan pengumpulan pasukan tempur untuk berjuang habis-habisan merebut kembali wilayah mereka.

“Kami memahami bahwa, secara politik, ini sangat diperlukan untuk negara kami. Presiden telah memberikan perintah kepada panglima tertinggi militer untuk menyusun rencana,” katanya dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Minggu (10/7/2022) dikutip dari Russia Today.

Baca juga: Video Tunjukkan Militan Neo Nazi Ukraina Berondong Warga Sipil Mariupol

“Kami adalah orang-orang dari dunia bebas dan dengan rasa keadilan dan kebebasan yang nyata. Kami memiliki sekitar 700.000 angkatan bersenjata dan ketika Anda menambahkan penjaga nasional, polisi, penjaga perbatasan, kami memiliki sekitar satu juta orang, ”tambah menteri.

Reznikov memuji upaya Inggris untuk membantu Ukraina, terutama Ben Wallace, menteri pertahanan Inggris, yang, menurut dia, adalah kunci untuk membantu mengubah pendekatan dari menyediakan peralatan Soviet ke artileri 155mm standar NATO, sistem roket peluncuran ganda dan teknologi tinggi. drone.

Ini, Reznikov menjelaskan, akan menebus kerugian besar di wilayah Donbass dalam menghadapi penembakan artileri massal Rusia.

BERITA TERKAIT

Presiden Zelensky sebelumnya mengatakan Ukraina kehilangan sekitar 200 orang per hari di daerah itu. Reznikov juga menyebutkan sekutu lainnya, mengklaim “koalisi anti-Kremlin telah lahir.”

“Mitra kami di London dan Washington DC dan ibu kota lainnya, mereka berinvestasi pada kami, tidak hanya dengan uang tetapi juga harapan orang-orang mereka bahwa kami harus membuat Kremlin kalah. Kita harus memenangkan perang ini bersama-sama,” katanya.

Aliansi lama presiden Rusia Vladimir Putin juga telah hancur, Reznik berpendapat, menunjuk ke Kazakhstan: baru-baru ini presiden Kassym-Jomart Tokayev secara terbuka menolak untuk mengakui Republik Rakyat Lugansk dan Donetsk sebagai negara berdaulat.

“Saya yakin dalam beberapa tahun ke depan kita akan melihat prosesi seruan kedaulatan di wilayah Rusia.

Federasi Rusia akan mengakhiri hidupnya sebagai negara yang berbeda – Tatarstan, Bashkortostan, dll,” kata Reznikov.

Baca juga: AS dan Eropa Secara Rahasia Cari Solusi Perang Ukraina-Rusia

Rusia mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari, dengan alasan kegagalan Kiev untuk mengimplementasikan perjanjian Minsk, yang dirancang untuk memberi wilayah Donetsk dan Lugansk status khusus di dalam negara Ukraina.

Protokol, yang ditengahi oleh Jerman dan Prancis, pertama kali ditandatangani pada 2014. Mantan Presiden Ukraina Petro Poroshenko sejak itu mengakui bahwa tujuan utama Kiev adalah menggunakan gencatan senjata untuk mengulur waktu dan “menciptakan angkatan bersenjata yang kuat.”

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas