Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Profil Nancy Pelosi Ketua DPR Wanita Pertama di AS, Saat Ini Langkahnya Paling Diawasi China

Nancy Pelosi yang memiliki nama lengkap Nancy Patricia D'Alesandro Pelosi, merupakan Ketua DPR AS dan wanita pertama yang menduduki jabatan tersebut.

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Profil Nancy Pelosi Ketua DPR Wanita Pertama di AS, Saat Ini Langkahnya Paling Diawasi China
AP
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat, Nancy Pelosi. Nancy Pelosi yang memiliki nama lengkap Nancy Patricia D'Alesandro Pelosi, merupakan Ketua DPR AS dan wanita pertama yang menduduki jabatan tersebut. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat, Nancy Pelosi mengumumkan rencana kunjungannya ke Asia pada hari Minggu (31/7/2022) kemarin yang mencakup Singapura, Malaysia, Korea Selatan dan Jepang.

Kunjungan Nancy Pelosi ke Asia ini memancing serangkaian spekulasi yang menyebut kemungkinan ia akan mengunjungi Taiwan, yang diklaim China sebagai bagian dari wilayahnya.

Meski Nancy Pelosi tidak menyebut Taiwan ke dalam daftar perjalanannya, namun China telah memperingatkan akan memberikan tindakan tegas jika Ketua DPR AS ini benar mengunjungi Taiwan.

Baca juga: Donald Trump Sebut Nancy Pelosi Hanya Membuat Masalah

Nancy Pelosi yang memiliki nama lengkap Nancy Patricia D'Alesandro Pelosi, merupakan Ketua DPR AS dan wanita pertama yang menduduki jabatan tersebut.

Sebelum menjabat sebagai ketua DPR AS, wanita berusia 82 tahun ini adalah pimpinan minoritas Partai Demokrat di Dewan Perwakilan AS. Melalui jabatannya sebagai Ketua DPR AS, Pelosi menjadi orang nomor tiga dalam garis suksesi Presiden AS setelah Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris.

Nancy Pelosi adalah anak ke-6 dari 6 bersaudara, dan memiliki darah Italia dari Ibunya, Annunciata Lombardia.

Bakat berpolitik Nancy diturunkan dari Ayahnya, Thomas D'Alesandro, Jr., yang pernah menjabat sebagai anggota Dewan perwakilan AS dari Maryland dan Wali Kota Baltimore.

BERITA TERKAIT

Kakak Pelosi, Thomas L.J D'Alesandro III, juga pernah menjabat sebagai Wali Kota Baltimore pada tahun 1967 hingga 1971. Ibunya juga seorang politikus yang mengorganisir perempuan Demokrat.

Baca juga: Tur Asia Nancy Pelosi: PM Singapura Singgung Hubungan AS-China hingga Kantor DPR AS Tak Sebut Taiwan

Pelosi bersekolah di Institute of Notredame high school, dan berkuliah di Trinity College, Washington, pada tahun 1962.

Saat berkuliah, tepatnya pada tahun 1963, Pelosi bertemu dengan Paul Francis Pelosi yang kemudian menjadi suaminya.

Mereka menikah di Gereja Katedral Mary Our Queen di Baltimore, pada 7 September 1963. Paul sendiri adalah seorang pengusaha Amerika yang memiliki Financial Leasing Services, Inc., sebuah firma konsultasi dan investasi real estat dan modal ventura yang berbasis di San Francisco. Selain itu, Paul juga tercatat sebagai pemilik tim football Sacramento Mountain Lions yang berbasis di California.

Pasangan ini memiliki lima orang anak, termasuk jurnalis AS Alexandra Pelosi dan ahli strategi politik Partai Demokrat Christine Pelosi. Setelah anak bungsunya masuk SMA, Nancy Pelosi mulai aktif dalam kegiatan Partai Demokrat.

Ia menjadi ketua pengurus cabang Partai Demokrat di North Carolina dan bergabung dengan pimpinan Demokrat lainnya, seperti Philip Burton dari California. Pelosi menjadi anggota Dewan Perwakilan AS pada tahun 1987, setelah istri Philip Burton, Sala Burton mengundurkan diri akibat terkena kanker.

Baca juga: Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Asia Diiringi Kecaman dan Latihan Militer China

Sala menyarankan Nancy untuk maju ke dalam pemilihan untuk menggantikannya, dan sejak saat itu ia terpilih untuk mewakili Distrik ke-8 California.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas