Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

China Tangguhkan Impor dari 35 Eksportir Taiwan, Peringatan Terkait Wacana Kunjungan Nancy Pelosi

Penangguhan ini terjadi saat China berulang kali memperingatkan Nancy Pelosi agar tidak melakukan perjalanan ke Taiwan

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in China Tangguhkan Impor dari 35 Eksportir Taiwan, Peringatan Terkait Wacana Kunjungan Nancy Pelosi
EPA/BBC
Ketua Kongres Amerika Serikat Nancy Pelosi. China telah menangguhkan impor dari 35 pengekspor biskuit dan kue kering asal Taiwan sejak Senin (1/8/2022). Hal tersebut sebagai peringatan kepada Taipei terkait wacana kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi ke Taiwan. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 
TRIBUNNEWS.COM, HONG KONG - China telah menangguhkan impor dari 35 pengekspor biskuit dan kue kering asal Taiwan sejak Senin (1/8/2022).

Hal tersebut sebagai peringatan kepada Taipei terkait wacana kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

Kantor Berita Pusat Taiwan melaporkan pada Selasa (2/8/2022), di antara 3.200 perusahaan Taiwan yang terdaftar di bea cukai China di bawah kategori makanan, sebanyak 2.066 entri telah terdaftar sebagai penangguhan impor.

Baca juga: Sejumlah Media Pantau Pergerakan Pesawat Nancy Pelosi, Akahkah Mendarat di Taiwan?

Berdasarkan data yang diposting di web Administrasi Umum Kepabeanan China, di antara 107 entri di bawah kategori biskuit, kue kering dan roti, sebanyak 35 telah terdaftar di bawah penangguhan impor.

"Saya mengetahui tentang larangan itu sebelum saya pulang kerja tadi malam," ujar seorang manajer di salah satu produsen makanan Taiwan yang ditangguhkan China, seperti dikutip dari Reuters.

Dia juga mengaku tidak mengetahui alasan mengapa perusahaannya dilarang.

"Ada perusahaan makanan yang mengatakan produk mereka telah ditolak di bea cukai China," katanya, yang menolak disebutkan identitasnya.

BERITA TERKAIT

Penangguhan ini terjadi saat China berulang kali memperingatkan Nancy Pelosi agar tidak melakukan perjalanan ke Taiwan, yang diklaim Beijing sebagai wilayahnya.

China mengatakan kunjungan Pelosi telah bertentangan dengan Kebijakan Satu Tiongkok atau One-China Policy, yang telah dijanjikan AS untuk dipatuhi.

Baca juga: Sejumlah Penerbangan China Batal Jelang Potensi Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan

Sementara Administrasi Umum Bea Cukai China belum menanggapi permintaan komentar mengenai penangguhan ini.

"Kami telah memperhatikan ini dan mencoba memahami lebih banyak tentangnya," kata seorang staf pembuat kue kering Kuo Yuan Ye Food.

Belum ada informasi lebih lanjut, apakah China juga akan menangguhkan produk Taiwan lainnya. Ekspor terbesar Taiwan ke China mencakup produk elektronik dan suku cadang, mesin, plastik serta bahan kimia. Menurut data resmi Taiwan, pada tahun 2021 impor China dari Taiwan mencapai rekor 189 miliar dolar AS.

China telah menangguhkan impor sejumlah barang dari Taiwan, termasuk ikan kerapu, nanas, dan srikaya sejak tahun 2021, dengan alasan kekhawatiran adanya hama dalam produk tersebut.

Dewan Pertanian Taiwan mengatakan akan mengambil langkah-langkah untuk membantu perusahaan-perusahaan terbaru yang terkena dampak penangguhan jangka pendek.

Baca juga: Nancy Pelosi Kunjungi Taipei, Empat Kapal Perang Angkatan Laut AS Merapat ke Taiwan

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas