Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pakai Baju Pink Nancy Pelosi Turuni Tangga Pesawat Air Force One di Taiwan

Ketua DPR AS Nancy Pelosi benar-benar singgah di Taiwan meski mendapat protes sangat keras dari China.

Penulis: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Pakai Baju Pink Nancy Pelosi Turuni Tangga Pesawat Air Force One di Taiwan
FAMER ROHENI / MALAYSIA DEPARTMENT OF INFORMATION / AFP
Foto selebaran ini diambil dan dirilis pada 2 Agustus 2022, oleh Departemen Penerangan Malaysia menunjukkan Ketua Dewan Rakyat Malaysia, Azhar Azizan Harun (kanan), berfoto dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS, Nancy Pelosi (kiri), sebelum pertemuan di Gedung Parlemen di Kuala Lumpur. 

TRIBUNNEWS.COM, TAIPEI – Ketua DPR Nancy Pelosi benar-benar mewujudkan keinginannya singgah di Taiwan, langkah yang mendapat protes sangat keras dari China.

Menumpang pesawat Air Force One yang disediakan untuk Ketua DPR AS dan anggota Kongres, Nancy Pelosi terlihat menuruni tangga pesawat di kegelapan malam.

Ia mengenakan baju pink, baik atasan maupun bawahan, baju yang sama yang dikenakan Pelosi saat bertamu di Kualalumpur, Malaysia, beberapa jam sebelumnya. 

Baca juga: BREAKING NEWS : Ketua DPR AS Nancy Pelosi Diyakini Telah Mendarat di Taiwan

Baca juga: Sejumlah Media Pantau Pergerakan Pesawat Nancy Pelosi, Akahkah Mendarat di Taiwan?

Baca juga: Dua Kapal Induk China Tinggalkan Pangkalan Jelang Nancy Pelosi ke Taiwan, AS Siagakan 4 Kapal Perang

Kedatangannya disambut para pejabat Taiwan, dan pengawalan yang sangat ketat dari aparat Taiwan maupun pengawalan pihak AS.

Pesawat itu mendarat di Bandara Internasional Taipei, Selasa (2/8/2022) sekira pukul 21.00. Direncanakan Rabu (3/8/2022) Pelosi akan menemui Presiden Tsai Ing-wen.

Berbagai media, termasuk televisi Russia Today, menyiarkan secara langsung kedatangan Nancy Pelosi di Taiwan.

Sebelumnya, diberitakan sebuah pesawat berkelir biru putih yang diduga kuat berisi Ketua DPR AS Nancy Pelosi, mendarat di Bandara Internasional Taipei, Selasa (2/8/2022) malam waktu Taipei.

BERITA TERKAIT

Rekaman video yang dibagikan di kanal Telegram Sputniknews, dan tertera kantor berita Ria Novosti, memperlhatkan detik-detik saat pesawat mendarat di kegelapan malam.

Pendaratan di landas pacu Bandara Taipei diterangi lampu pesawat yang ada di bawah moncong dan dekat roda pesawat tersebut.  

Belum ada penjelasan resmi dari pihak AS maupun Taiwan terkait kedatangan Nancy Pelosi di Taiwan.

China memprotes keras perjalanan pejabat tertinggi ketiga di AS it uke pulau yang dianggap bagian provinsi China daratan.

Kegiatan di Malaysia

Sebelum singgah di Taiwan, Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan rombongan Kongres AS bertamu ke Kualalumpur, Malaysia, Selasa (2/8/2022) pagi.

Di ibu  kota Malaysia ini, Nancy Pelosi ditemui Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob dan rekannya di legislatif Malaysia Azhar Azizan Harun. Informasi ini dilaporkan kantor berita Bernama.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas