Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Saling Tuding Rusia dan Ukraina Menembaki PLTN Zaporizhzhia, Bencana Nuklir Sudah Mengancam

Kepala Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa permusuhan

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Saling Tuding Rusia dan Ukraina Menembaki PLTN Zaporizhzhia, Bencana Nuklir Sudah Mengancam
Azer News
PLTN Zaporizhzhia di Ukraina 

TRIBUNNEWS.COM -- Rusia dan Ukraina telah saling menuduh pada hari Kamis menembaki pembangkit nuklir atau PLTN Zaporizhzhia, karena kekhawatiran meningkat atas bencana nuklir lain 37 tahun dari Chernobyl.

Baik Moskow dan Kyiv mengatakan ada lima serangan roket di dekat area penyimpanan bahan radioaktif di pabrik, fasilitas nuklir terbesar di Eropa yang telah menjadi fokus pertempuran baru dalam beberapa hari terakhir.

Serangan terhadap pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia mendorong dunia ke ambang bencana nuklir, Perwakilan Tetap Rusia untuk PBB Vasily Nebenzya mengatakan pada hari Kamis.

"Kami telah berulang kali memperingatkan rekan-rekan Barat kami bahwa jika mereka gagal membuat pemerintah Kiev bernalar, itu akan menggunakan tindakan paling keji dan tidak masuk akal yang akan bergema jauh melampaui perbatasan Ukraina. Sayangnya, inilah yang terjadi sekarang," katanya pada pertemuan Dewan Keamanan PBB tentang masalah ini.

Baca juga: Ukraina Tuduh Rusia di Balik Penembakan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia

"Tindakan kriminal Kiev terhadap infrastruktur nuklir mendorong dunia ke ambang bencana nuklir, sebanding dengan Chernobyl," tambah diplomat Rusia itu dikutip dari TASS.

Sementara DailyMail memberitakan, Badan nuklir Ukraina Energoatom mengatakan ada penembakan baru Rusia di dekat salah satu dari enam reaktor pabrik yang telah menyebabkan 'asap yang luas' dari kebakaran rumput dan 'beberapa sensor radiasi rusak'.

Pabrik, yang berada di tangan Rusia, berada di tepi selatan Sungai Dnipro yang membagi tentara yang bertikai dan di mana beberapa pertempuran paling sengit berkecamuk. Ukraina menuduh Moskow menempatkan ratusan tentara dan menyimpan senjata di sana.

BERITA TERKAIT

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah memperingatkan Rusia dapat menyebabkan insiden 'bahkan lebih bencana dari Chernobyl' - referensi untuk bencana nuklir di Soviet Ukraina pada tahun 1986.

Kepala Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa permusuhan yang terus berlanjut di sekitar fasilitas itu dapat 'menyebabkan bencana'.

Dia mendesak kedua belah pihak 'untuk segera menghentikan' semua aktivitas militer di dekat pembangkit listrik.

Departemen Luar Negeri AS kemudian pada hari Kamis mengatakan Amerika Serikat mendukung seruan oleh PBB dan lainnya untuk membangun zona demiliterisasi di sekitar pabrik.

"Kami terus menyerukan Rusia untuk menghentikan semua operasi militer di atau dekat fasilitas nuklir Ukraina dan mengembalikan kendali penuh ke Ukraina, dan mendukung seruan Ukraina untuk zona demiliterisasi di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir," kata juru bicara Departemen Luar Negeri.

Rusia menunjuk jari pada pasukan Ukraina 'sekali lagi' menyerang pembangkit listrik tenaga nuklir Kamis, menurut Vladimir Rogov, anggota rezim boneka Moskow, yang membuat klaim pada aplikasi pesan Telegram.

Baca juga: Rusia Dituduh Luncurkan Roket ke PLTN Zaporizhzhia, Setelah PBB Peringatkan soal Bencana Nuklir

"Tidak ada kontaminasi yang tercatat di stasiun, tingkat radiasinya normal," kata Yevgeny Balitsky secara terpisah, kepala administrasi yang didukung Moskow.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas