Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rusia Tuding Pasukan Ukraina Tembaki Warga di Dekat PLTN Zaporizhzhia, Satu Warga Sipil Tewas

Vladimir Rogov, melaporkan dalam sebuah postingan Telegram, seorang penduduk lokal berusia 49 tahun tewas dalam serangan itu.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Rusia Tuding Pasukan Ukraina Tembaki Warga di Dekat PLTN Zaporizhzhia, Satu Warga Sipil Tewas
Ukrinform.net
Kota Energodar di Ukraina yang direbut pasukan Rusia pada Maret dan Mei 2022. 

TRIBUNNEWS.COM – Kremlin kembali menuding pasukan Ukraina menembaki sebuah perumahan di kota Energodar pada hari Minggu (15/8/2022).

Energodar menjadi tuan rumah pembangkit listrik tenaga nuklir atau PLTN Zaporizhzhia.

Pejabat pemerintah setempat, Vladimir Rogov, melaporkan dalam sebuah postingan Telegram, seorang penduduk lokal berusia 49 tahun tewas dalam serangan itu.

Pria itu sedang berjalan dengan anjingnya ketika penembakan dimulai, menurut Rogov. Seorang wanita berusia 24 tahun juga terluka dalam serangan itu, katanya, seraya menambahkan bahwa korban telah dikirim ke rumah sakit.

Serangan pasukan Ukraina juga menargetkan daerah dekat pembangkit listrik termal kota, di mana penembakan itu menyebabkan kebakaran di dekat fasilitas itu, kata pejabat itu.

Baca juga: Ancaman Mengerikan Rusia Jika Ukraina Akan Merebut PLTN Zaporizhzhia, AS dan Inggris Bakal Menderita

Moskow telah berulang kali menyalahkan Ukraina karena menembaki pembangkit nuklir Zaporozhye yang dikuasai Rusia selama seminggu terakhir.

Pada hari Kamis, Duta Besar Rusia untuk PBB, Vasily Nebenzya, mengatakan kepada Dewan Keamanan bahwa bencana nuklir dapat terjadi “setiap saat” di tengah penembakan “sembrono” terhadap pabrik oleh pasukan Kiev.

BERITA TERKAIT

“Serangan kriminal Kiev terhadap fasilitas infrastruktur nuklir mendorong dunia ke jurang bencana nuklir yang akan menyaingi Chernobyl,” kata Nebenzya saat itu.

Badan Energi Atom Internasional (IAEA) juga telah menyatakan keprihatinan atas perkembangan di pabrik dan menyarankan mengirim misi IAEA ke fasilitas untuk menilai situasi. Inisiatif ini disambut baik oleh Moskow.

Saling Tuding

Rusia dan Ukraina telah saling menuduh pada hari Kamis menembaki pembangkit nuklir atau PLTN Zaporizhzhia, karena kekhawatiran meningkat atas bencana nuklir lain 37 tahun dari Chernobyl.

Baik Moskow dan Kyiv mengatakan ada lima serangan roket di dekat area penyimpanan bahan radioaktif di pabrik, fasilitas nuklir terbesar di Eropa yang telah menjadi fokus pertempuran baru dalam beberapa hari terakhir.

Serangan terhadap pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia mendorong dunia ke ambang bencana nuklir, Perwakilan Tetap Rusia untuk PBB Vasily Nebenzya mengatakan pada hari Kamis.

"Kami telah berulang kali memperingatkan rekan-rekan Barat kami bahwa jika mereka gagal membuat pemerintah Kiev bernalar, itu akan menggunakan tindakan paling keji dan tidak masuk akal yang akan bergema jauh melampaui perbatasan Ukraina. Sayangnya, inilah yang terjadi sekarang," katanya pada pertemuan Dewan Keamanan PBB tentang masalah ini.

Baca juga: Update Invasi Rusia ke Ukraina: 80.000 Rakyat Putin Jadi Korban, Bencana di Zaporizhzhia bagi Eropa

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas